Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Desimal dengan Media Bilik Desimal Kelas IV-B SDN Banyu Urip 2/363

Authors

  • Fitri Aminatu Hikmah UNUSA
  • Nila Octavriana
  • Syamsul Ghufron
  • Uun Ratnawati

Keywords:

matematika, media bilik desimal, hasil belajar, operasi hitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika materi
operasi hitung bilangan desimal dengan media bilik desimal kelas IV-B SDN Banyu Urip 2/363. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Terdapat empat tahapan yang dilakukan,

yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV-
B SDN Banyu Urip 2/363 dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara

observasi, dokumentasi dan evaluasi dari nilai peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan
menggunakan dua siklus. Keberhasilan penelitian didapatkan melalui hasil tes evaluasi yang dilakukan
pada akhir pembelajaran. Pada penelitian ini jika peserta didik dapat mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM), yaitu ≥ 78 sebesar 80%. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada siklus I
mendapatkan rata-rata 69.14, ketuntasan peserta didik yang mencapai KKM sejumlah 20 peserta didik
dengan prosentase 57. 14%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 79.43 dengan peserta didik
yang nilainya tuntas mencapai KKM sejumlah 28 peserta didik dan hasil prosentasenya mencapai 80.00%.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Bilik Desimal mampu
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung bilangan desimal di kelas IV-B SDN
Banyu Urip 2/363.

References

Arif, A. H., Siew, W. T., & Ayop, S. K. (2021). Pembangunan Modul Pembelajaran Stem Berintegrasikan Byod

(Bring Your Own Device) Untuk Pendidikan di Kolej Matrikulasi: Satuan Analisis Keperluan. Practitioner

Research, 3, 171–190.

Aspreliha, I., Damariswara, R., & Rohmah, D. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembagian Desimal

Melalui Media Sipintar Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan

Matematika, 6(1), 1092–1104.

Samarinda, E. P., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword

Puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas V MIN 08 Muara Enim. ULIL ALBAB: Jurnal

Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 752–755.

Sidiq, E. I., & Syaripudin, C. R. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi

Nonformal, 3(2), 594–601.

Tonra, W. S. (2017). Pembelajaran Number Sense Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada

Materi Pecahan. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 109–116.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fitri Aminatu Hikmah, Nila Octavriana, Syamsul Ghufron, & Uun Ratnawati. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Desimal dengan Media Bilik Desimal Kelas IV-B SDN Banyu Urip 2/363. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 141–146. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1173

Most read articles by the same author(s)