Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Desimal dengan Media Bilik Desimal Kelas IV-B SDN Banyu Urip 2/363
Keywords:
matematika, media bilik desimal, hasil belajar, operasi hitungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika materi
operasi hitung bilangan desimal dengan media bilik desimal kelas IV-B SDN Banyu Urip 2/363. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Terdapat empat tahapan yang dilakukan,
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV-
B SDN Banyu Urip 2/363 dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara
observasi, dokumentasi dan evaluasi dari nilai peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan
menggunakan dua siklus. Keberhasilan penelitian didapatkan melalui hasil tes evaluasi yang dilakukan
pada akhir pembelajaran. Pada penelitian ini jika peserta didik dapat mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM), yaitu ≥ 78 sebesar 80%. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada siklus I
mendapatkan rata-rata 69.14, ketuntasan peserta didik yang mencapai KKM sejumlah 20 peserta didik
dengan prosentase 57. 14%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 79.43 dengan peserta didik
yang nilainya tuntas mencapai KKM sejumlah 28 peserta didik dan hasil prosentasenya mencapai 80.00%.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Bilik Desimal mampu
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi hitung bilangan desimal di kelas IV-B SDN
Banyu Urip 2/363.
References
Arif, A. H., Siew, W. T., & Ayop, S. K. (2021). Pembangunan Modul Pembelajaran Stem Berintegrasikan Byod
(Bring Your Own Device) Untuk Pendidikan di Kolej Matrikulasi: Satuan Analisis Keperluan. Practitioner
Research, 3, 171–190.
Aspreliha, I., Damariswara, R., & Rohmah, D. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembagian Desimal
Melalui Media Sipintar Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan
Matematika, 6(1), 1092–1104.
Samarinda, E. P., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword
Puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas V MIN 08 Muara Enim. ULIL ALBAB: Jurnal
Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 752–755.
Sidiq, E. I., & Syaripudin, C. R. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi
Nonformal, 3(2), 594–601.
Tonra, W. S. (2017). Pembelajaran Number Sense Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada
Materi Pecahan. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 109–116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Fitri Aminatu Hikmah, Nila Octavriana, Syamsul Ghufron, Uun Ratnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.