Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sıswa Kelas IV SDN Kedungsukodani

Authors

  • Lusi Aji Dwi Cahyani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Dwi Muslima Wati SDN Kedungsukodani Kabupaten Sidoarjo
  • Lilik Sulistyowati SDN Kedungsukodani Kabupaten Sidoarjo

Keywords:

hasil belajar, matematika, project based learning

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kedungsukodani menjadi
latarbelakang dari penelitian ini. Siswa kelas IV SDN Kedungsukodani dengan jumlah 18 siswa menjadi
subjek dalam PTKK ini. Tujuan PTKK ini, yaitu setelah menerapakan model project based learning terjadi
peningkatkan hasil. Dalam penlitian di SDN Kedungsukodani, teknik pengumpulan datanya menggunakan
pengamatan, dokumentasi, dan tes. PTKK ini mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart. Data dianalisis
menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan mata pelajaran matematika di SDN
Kedungsukodani adalah 70 dalam skala penilaian 1-100. Sebelum menerapkan model, rata-rata hasil
belajar matematika siswa kelas IV SDN Kedungsukodani sebesar 63. Setelah menerapkan model, rata-rata
pada siklus 1 adalah 73 meningkat pada siklus 2 menjadi 87. Kesimpulan akhir dari PTKK ini adalah
setelah penerapan model PjBL terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN
Kedungsukodani.

References

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: a guide to evaluating mastery and authentic learning. London: Sage Publications Ltd.

Jubaedah. (2022). Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal of Innovation in Primary Education, Vol 1, No 1.

Kemmis, S. & Mc. Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Sari, N., dkk. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Dakon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 6, No 1.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soedarsono, F. (2001). Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lusi Aji Dwi Cahyani, Syamsul Ghufron, Dwi Muslima Wati, & Lilik Sulistyowati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sıswa Kelas IV SDN Kedungsukodani. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 37–41. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1053

Most read articles by the same author(s)