Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Banyu Urip II

Authors

  • Defirra Alizunna UNUSA
  • Nila Octavriana
  • Syamsul Ghufron
  • Uun Ratnawati

Keywords:

Pendekatan Matematika Realistik, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik siswa untuk aktif dalam
pembelajaran. Guru sudah menggunakan beberapa metode seperti ceramah, diskusi dan demonstrasi,
namun masih belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan
model pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)
yang melalui tiga tahapan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Banyu Urip
II Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan teknik tes. Instrument yang
digunakan untuk pengambilan data adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kuantitaf. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan peneliti untuk
aktivitas siswa mencapai 80%, sedangkan untuk hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal
80% dengan KKM ≥ 75. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada pembelajaran mata pelajaran
matematika berlangsung dengan sangat baik. Aktivitas siswa, dan hasil belajar mencapai peningkatan
selama pelaksanaan dua siklus. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66.25% dan pada siklus II meningkat
menjadi 90%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58,8% dan pada siklus II meningkat menjadi88,25%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika
realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Banyu
Urip II Surabaya.

References

Afsari, S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal Of Intelectual Publication, 189-197.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Indarti, T. (2008). Penelitian TIndakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: Lembaga Penerbitan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya.

Khairani. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 2247-2255.

Kunandar. (2009). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang fungsi pendidikan nasional. Sekretariat Negara. Jakarta

Mulyana. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nabilah. (2021). Kecemasan Siswa Dalam Menyelesaikan Masala h Modelling Matematika Pada Praktek Kelas Virtual. International Journal Of Progressive Mathematics Education, 41-60.

Puspitasari. (2021). Meta -Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1094-1103.

Sohilait. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. Osf Preprints, 1-10.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Alizunna, D., Nila Octavriana, Syamsul Ghufron, & Uun Ratnawati. (2023). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Banyu Urip II. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 163–170. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1168

Most read articles by the same author(s)