Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas IV SDN Kedungsukodani

Authors

  • Lusi Aji Dwi Cahyani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Dwi Muslima Wati SDN Kedungsukodani Kabupaten Sidoarjo
  • Lilik Sulistyowati SDN Kedungsukodani Kabupaten Sidoarjo

Keywords:

hasil belajar, matematika, project based learning

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kedungsukodani menjadi latar belakang dari penelitian ini. Siswa kelas IV SDN Kedungsukodani dengan jumlah 18 siswa menjadi subjek dalam PTKK ini. Tujuan PTKK ini, yaitu setelah menerapkan model project based learning terjadi peningkatkan hasil. Dalam penelitian di SDN Kedungsukodani, teknik pengumpulan datanya menggunakan pengamatan, dokumentasi, dan tes. PTKK ini mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan mata pelajaran matematika di SDN Kedungsukodani adalah 70 dalam skala penilaian 1-100. Sebelum menerapkan model, rata-rata hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IV SDN Kedungsukodani sebesar 58. Setelah menerapkan model, rata-rata pada siklus 1 adalah 76 meningkat pada siklus 2 menjadi 86. Kesimpulan akhir dari PTKK ini adalah setelah penerapan model PjBL terjadi peningkatan hasil belajar kognitif matematika pada siswa kelas IV SDN Kedungsukodani.

References

Apriany, W., dkk. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, Vol 3, No 1.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: a guide to evaluating mastery and authentic learning. London: Sage Publications Ltd.

Jubaedah. (2022). Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal of Innovation in Primary Education, Vol 1, No 1.

Kemmis, S. & Mc. Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Patton. (2012). Work That Matters: The Teacher’s Guide to Project Based Learning. California: Paul Hamlyn Foundation.

Sari, N., dkk. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Dakon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 6, No 1.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soedarsono, F. (2001). Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Lusi Aji Dwi Cahyani, Syamsul Ghufron, Dwi Muslima Wati, & Lilik Sulistyowati. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas IV SDN Kedungsukodani. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 184–188. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1085

Most read articles by the same author(s)