Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas 4 SDN Kedungsukodani Sidoarjo
Keywords:
Kreativitas , model pembelajaran, Project Based Learning (PjBL)Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji peningkatan kreativitas peserta didik melalui
penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran. Metode yang
digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian yakni SDN Kedungsukodani
Sidoarjo dengan subjek penelitian peserta didik kelas empat sebanyak 18 peserta didik. Teknik analisis
data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas peserta didik
meningkat selama 2 siklus pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning
(PjBL) dengan masing-masing prosentase ketuntasan. Persentase ketuntasan pada siklus I hanya sebesar
44,4% dan mengalami peningkatan di siklus II sebesar 88,8%. Sehingga presentase ketuntasan mengalami
kenaikan sebesar 44,4%. Rata-rata nilai peserta didik pada siklus I yakni 65,2 dan rata-rata nilai peserta
didik pada siklus II yakni 81,25. Berarti nilai rata-rata siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar
16,05.
References
Adony Natty, R., Kristin, F., Anugraheni, I., Kristen Satya Wacana, U., & Tengah, J. (2019). PENINGKATKAN
KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED
LEARNING PADA
SISWA SEKOLAH DASAR (Vol. 3, Nomor 4). https://jbasic.org/index.php/basicedu Arikunto, S. (2006). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Mega Farihatun, S., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based
Learning (PjBL) Ter-hadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal,
(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499
Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka (Vol.
. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10843
Sidiq, A. M., & Muqowim. (2020). SELING Jurnal Program Studi PGRA PENGEMBANGAN KREATIVITAS
ANAK MELALUI KONSEP MERDEKA BELAJAR DI SANGGAR ANAK ALAM. SELING: Jurnal
Program Studi PGRA, 6(2),
–156. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.630 Sugito. (2018). MASALAH
KREATIVITAS DAN PENGUKURANNYA.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT
BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA
KELAS III SD NEGERI
SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL
PESONA DASAR, 6(1), 41–54.
Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Indah Nur Fadilah, Syamsul Ghufron, Lilik Sulistyowati, Dwi Muslima Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.