Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas 4 SDN Kedungsukodani Sidoarjo

Authors

  • Indah Nur Fadilah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron
  • Lilik Sulistyowati
  • Dwi Muslima Wati

Keywords:

Kreativitas , model pembelajaran, Project Based Learning (PjBL)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji peningkatan kreativitas peserta didik melalui
penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran. Metode yang
digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian yakni SDN Kedungsukodani
Sidoarjo dengan subjek penelitian peserta didik kelas empat sebanyak 18 peserta didik. Teknik analisis
data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas peserta didik
meningkat selama 2 siklus pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning
(PjBL) dengan masing-masing prosentase ketuntasan. Persentase ketuntasan pada siklus I hanya sebesar
44,4% dan mengalami peningkatan di siklus II sebesar 88,8%. Sehingga presentase ketuntasan mengalami
kenaikan sebesar 44,4%. Rata-rata nilai peserta didik pada siklus I yakni 65,2 dan rata-rata nilai peserta
didik pada siklus II yakni 81,25. Berarti nilai rata-rata siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar
16,05.

References

Adony Natty, R., Kristin, F., Anugraheni, I., Kristen Satya Wacana, U., & Tengah, J. (2019). PENINGKATKAN

KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED

LEARNING PADA

SISWA SEKOLAH DASAR (Vol. 3, Nomor 4). https://jbasic.org/index.php/basicedu Arikunto, S. (2006). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Mega Farihatun, S., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based

Learning (PjBL) Ter-hadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal,

(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499

Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka (Vol.

. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10843

Sidiq, A. M., & Muqowim. (2020). SELING Jurnal Program Studi PGRA PENGEMBANGAN KREATIVITAS

ANAK MELALUI KONSEP MERDEKA BELAJAR DI SANGGAR ANAK ALAM. SELING: Jurnal

Program Studi PGRA, 6(2),

–156. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.630 Sugito. (2018). MASALAH

KREATIVITAS DAN PENGUKURANNYA.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT

BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA

KELAS III SD NEGERI

SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL

PESONA DASAR, 6(1), 41–54.

Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Indah Nur Fadilah, Syamsul Ghufron, Lilik Sulistyowati, & Dwi Muslima Wati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas 4 SDN Kedungsukodani Sidoarjo. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 26–30. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1047

Most read articles by the same author(s)