Peningkatan Kreativitas Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnıng Kelas 4 SDN Kedungsukodani Sidoarjo
Keywords:
Kreativitas, model, Project Based LearningAbstract
Penelitian dilakukan untuk mengkaji peningkatan kreativitas peserta didik melalui model yang diterapkan saat pembelajaran yakni Project Based Learning (PjBL). Penelitian Tindakan Kelas adalah metode yang digunakan untuk melakukan penelitian. Lokasi yang diteliti bertempat SDN Kedungsukodani Sidoarjo dengan menggunakan subjek peserta didik kelas empat yang berjumlah 18. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan memperlihatkan peningkatan pada kreativitas peserta didik selama 2 siklus pembelajaran yang menggunakan Project Based Learning (PjBL) sebagai model pembelajaran. Persentase ketuntasan di siklus I hanya pada 44,4% kemudian meningkat saat di siklus II dengan persentase 88,8%. Sehingga presentase ketuntasan mengalami kenaikan sebesar 44,4%. Mean nilai peserta didik saat siklus I yakni 65,2 kemudian mean nilai peserta didik ketika siklus II yakni 81,25. Berarti nilai mean peserta didik saat siklus I serta siklus II terbukti meningkat sebanyak 16,05.
References
Adony Natty, R., Kristin, F., Anugraheni, I., Kristen Satya Wacana, U., & Tengah, J. (2019). PENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Vol. 3, Nomor 4). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Mega Farihatun, S., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Ter-hadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499
Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka (Vol. 5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10843
Sidiq, A. M., & Muqowim. (2020). SELING Jurnal Program Studi PGRA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KONSEP MERDEKA BELAJAR DI SANGGAR ANAK ALAM. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 146–156. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.630
Sugito. (2018). MASALAH KREATIVITAS DAN PENGUKURANNYA.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54.
Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN (Vol. 02, Nomor 01). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Indah Nur Fadilah, Syamsul Ghufron, Lilik Sulistyowati, Dwi Muslima Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.