Peningkatan Kreativitas Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnıng Kelas 4 SDN Kedungsukodani Sidoarjo

Authors

  • Indah Nur Fadilah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron
  • Lilik Sulistyowati
  • Dwi Muslima Wati

Keywords:

Kreativitas, model, Project Based Learning

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengkaji peningkatan kreativitas peserta didik melalui model yang diterapkan saat pembelajaran yakni Project Based Learning (PjBL). Penelitian Tindakan Kelas adalah metode yang digunakan untuk melakukan penelitian. Lokasi yang diteliti bertempat SDN Kedungsukodani Sidoarjo dengan menggunakan subjek peserta didik kelas empat yang berjumlah 18. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan memperlihatkan peningkatan pada kreativitas peserta didik selama 2 siklus pembelajaran yang menggunakan Project Based Learning (PjBL) sebagai model pembelajaran. Persentase ketuntasan di siklus I hanya pada 44,4% kemudian meningkat saat di siklus II dengan persentase 88,8%. Sehingga presentase ketuntasan mengalami kenaikan sebesar 44,4%. Mean nilai peserta didik saat siklus I yakni 65,2 kemudian mean nilai peserta didik ketika siklus II yakni 81,25. Berarti nilai mean peserta didik saat siklus I serta siklus II terbukti meningkat sebanyak 16,05.

References

Adony Natty, R., Kristin, F., Anugraheni, I., Kristen Satya Wacana, U., & Tengah, J. (2019). PENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Vol. 3, Nomor 4). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Mega Farihatun, S., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Ter-hadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499

Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka (Vol. 5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10843

Sidiq, A. M., & Muqowim. (2020). SELING Jurnal Program Studi PGRA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KONSEP MERDEKA BELAJAR DI SANGGAR ANAK ALAM. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 146–156. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.630

Sugito. (2018). MASALAH KREATIVITAS DAN PENGUKURANNYA.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54.

Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN (Vol. 02, Nomor 01). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Indah Nur Fadilah, Syamsul Ghufron, Lilik Sulistyowati, & Dwi Muslima Wati. (2023). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnıng Kelas 4 SDN Kedungsukodani Sidoarjo. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 50–55. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1070

Most read articles by the same author(s)