Penggunaan Media Pembelajaran Papercraft Untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar SBDP Kelas 2 SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya
Keywords:
Papercraft, Kreatifitas MenggambarAbstract
Jenis penelitian ini disebut Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 21
siswa kelas 2 SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya yang berjumlah 21 siswa. Penelitian tindakan kelas
dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat tahapan utama, yaitu:
Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan media
pembelajaran papercraft untuk meningkatkan kreativitas seni budaya (SBDP) pada siswa kelas 2 SDN
Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Alat pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas menggambar siswa meningkat pada setiap
siklusnya. Pada trimester 1 rata-rata hanya mencapai 58 dengan data 6 siswa sehingga 38,09% yang
mencapai peningkatan dan 15 siswa, sehingga 61,90% yang tidak mencapai peningkatan. Kemudian
dilanjutkan ke Siklus 2 yang mencapai rata-rata 62, dengan data 13 siswa atau 71,42% mencapai
peningkatan dan 8 siswa atau 28,57% tidak mencapai peningkatan. Dan dilanjutkan siklus 3 dengan rata-
rata 82. 16 siswa mencapai peningkatan dan 5 siswa tidak mencapai peningkatan. Peningkatan terlihat
pada periode 2 dan 3, dengan siswa mencapai peningkatan 86%.
References
Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Grafindo Pesada, 2016.
Negara, Hasan Sastra. Jurnal Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 1 No. 2. (2014).
Putri, Hartini Seri, dkk. Jurnal Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Seni Budaya, Premiere Educandum. Vol. 5 No. 1. (2015).
Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada media Group, 2013.
Sefmiwati. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Seni Kriya Menggunakan Teknik Pemodelan Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. Vol. 1 No. 1. (2016).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Itsna Syahadatud Dinuriyah, Siti Maghfirotun Amin, Siti Noor Iffa, Munawaratul Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.