Pengaruh Media Macan Totol Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V

Authors

  • Nur Indah Sylvia
  • Siti Maghfirotun Amin

Keywords:

media Tubol Cermat (Tutup Botol Cerdas Matematika), Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh media Macan Totol (Menghitung Cepat Dengan Papan dan Totop Botol) pada pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Banjaran. Media Macan Totol (Menghitung Cepat Dengan Papan dan Totop Botol) yaitu sebuah media yang berupa papan yang akan ditempeli tutup botol dan digunakan untuk membantu siswa dalam memahami konsep matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design – Posttest Only Control Design. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas V SDN Banjaran yang berjumlah 37 siswa, menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media Macan Totol (Menghitung Cepat Dengan Papan dan Totop Botol) pada pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Banjaran. Dibuktikan dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t_hitung≥t_tabel atau 11,57 ≥ 2,04523.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Gunawan, W. Adi. 2003. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hamiyah, Nur dan Mohamad Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung:PT Remaja Rosdakarya offset.

Rachman, M. Munir. Metodologi Penelitian. Surabaya: Adi Buana University Press.

Sadiman, Arief S. (dkk). 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. jakarta: Prenadamedia Group.

Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Andrijati, Noening. 2014. “Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di PGSD UPP Tegal.” Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 31 No. 2.

Sunaengsih, Cucun. 2016. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A.” Dalam Jurnal Ejournal.Upi.Edu. Vol 3. No. 2

Yuswanti. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembeajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala.” Dalam Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 3 No. 4.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Indah Sylvia, N., & Maghfirotun Amin, S. (2020). Pengaruh Media Macan Totol Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1), 671–677. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/695