Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas IV SDN Gayungan I/422 Surabaya
Keywords:
pembelajaran berbasis masalah, media gambar berseri, keterampilan menulis, teks narasiAbstract
penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan
keterampilan menulis teks narasi melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan media gambar
berseri. Subyek penelitiannya yaitu siswa kelas IV SDN Gayungan I/422 Surabaya sebanyak 22 siswa
Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini mencakup tiga hal yaitu keterampilan menulis teks narasi,
keterlaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media gambar
berseri, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes, lembar
observasi, dan angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan
pendekatan kualitatif. Pada siklus 1, hasil rata-rata aktivitas guru adalah 77,60% dan aktivitas siswa
71,50%. Siklus I juga menghasilkan ketuntasan nilai keterampilan menulis siswa sebesar 73.46%.
Sedangkan pada siklus 2, rata-rata keseluruhan aspek menjadi meningkat dengan rincian skor aktivitas
guru 86,60% dan aktivitas siswa 84.20%. Selanjutnya, ketuntasan nilai keterampilan menulis siswa sebesar
83.40%. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran pada kategori sangat baik, yakni 87%. Hal tersebut
menunjukkan bahwa pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk diterapkan.
References
Al-Rahmi, Waleed, Mugahed & Zeki, Akram, Muhammad. (2017). A Model Of Using Social Media
For Collaborative Learning To Enhance Learners’ Performance On Learning. Journal of King Saud University – Computer and Information Sciences (2017) 29, 526 – 535. DOI:10.1016/j.jksuci.2016.09.002, diakses 10 Mei 2023
Thaiposri, Patamaporn & Wannapiroon, Panita. (2015). Enhancing Student’s Critical Thinking
Skills Through Teaching And Learning By Inquiry-Based Learning Activities Using Social Network And Cloud Computing. Procedia – Social and Behavioral Sciences. 174 (2015) 2137 – 2144. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.013, diakses 10 Mei 2023
Ulger, Kani. (2018). The Effect Of Problem Based Learning On The Creative Thinking And Critical
Thinking Disposition Of Students In Visual Arts Education. IJPL: interdisciplinary Journal of Problem Based Learning. Volume 12 Issue 1. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1649, diakses 10 Mei 2023
Rahman, Bujang. (2014). Refleksi Diri dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Paedagogia,
(Online), Vol. 17, No. 1, (https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/download/36026/23217, diakses 08 Mei 2023).
Sadiman, A., dkk. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Indihadi, D. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Teks Narasi Peserta Didik di Kelas V Sekolah
Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 114-123. DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.955, diakses 13 Mei 2023)
Tarigan, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video
Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja. Journal of education action research, 2(2), 123-133. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12302, diakses 08 Mei 2023
Ellyana, E. (2014). Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis
Narasi Siswa Kelas III SDN Wonorejo II–313 Surabaya. JPGSD, Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014.
Wahyuni, Heni Sri. 2019. Pengembangan Buku Berjenjang Berdasarkan Kaidah Perjenjangan
Buku untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Baca-Tulis siswa Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Musaddat, S., Suarni, N. K., Dantes, N., Putrayasa, I. B., & Dantes, G. R. (2021). Kelayakan
pengembangan bahan ajar digital berkearifan lokal sebagai bahan literasi bahasa berbasis kelas serta pengaruhnya terhadap karakter sosial dan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2123, diakses 10 Mei 2023
Yuan, Haobin., Kunaviktikul, Wipada., Klunklin, Areewan., Williams, Beverly. (2008). Promoting
Critical Thinking Skills Through Problem-Based Learning. Cmu. Journal Of Social, Sciences, And Humanities. (2008) Vol 2(2) DOI: 10.1111/j.1442-2018.2007.00373.x, diakses 10 Mei 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Nila lailatul Khoiro, Siti Maghfirotun Amin2 Maghfirotun Amin, Hadi Prawiro, Astutik Anggraeni4 Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.