Penggunaan Media Papan Puzzle Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Ulfia Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Maghfirotun Amin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Asmawarni SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya

Keywords:

Hasil belajar, Media Pembelajaran, Papan Puzzle Pecahan

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dalam kurikulum pendidikan dasar. Namun
sering kali peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep sederhana. Mengacu pada
hasil observasi di kelas II SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya, menemukan permaslaahan yaitu media
yang digunakan oleh guru hanya menggunakan buku yang disediakan sekolah. Penelitian ini termasuk
penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus mempunyai tahapan-tahapan yang terdiri dari perencanaan,
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang digunakan penelitian yaitu kelas II sebanyak 34 siswa.
Presentase ketuntasan hasil belajar pra siklus sebesar 44%, kemudian pada siklus I terjadi peningkatan
sejumlah 71%, selanjutnya pada siklus dua persentase keberhasilannya meraih angka 88%. Berdasarkan
hasil siklus I dan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa melalui penelitian adanya media pembelajaran Papan
Puzzle Pecahan dengan muatan pelajaran Matematika materi pecahan peserta didik menagalami
peningkatan hasil belajar.

References

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan kelas. Bumi Aksara.

H. R. Arumanda, J. Daryanto, and R. R, 2021 Profil Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Daring Berbasis Media Aplikasi, J. Didakt. Dwija Indria, 9(6).

Khoerun Nisa, A. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop kelas XI RPL SMK Ma’rif Wonosari. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–84.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369– 379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Suriani, S., B, S., & Efendi, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 62–77. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3633Octavia, Shilpy.A. (2020). Model Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepablish.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Siti Ulfia, Maghfirotun Amin, S. ., & Asmawarni. (2023). Penggunaan Media Papan Puzzle Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Kelas II Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 248–252. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1182

Most read articles by the same author(s)