Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan pada Peserta Didik Kelas 2 SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya

Authors

  • Mochammad Ragil Adiyatma Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Maghfirotun Amin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Munawaratul Hasanah SDN Tenggilis Mejoyo 1
  • Siti Noor Iffa SDN Tenggilis Mejoyo 1

Keywords:

Pecahan, PjBL, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penerapan model pembelajaran PjBL dilakukan dengan menghasilkan karya berupa benda konkret yang menggambarkan pecahan yang terbuat dari kertas origami dan membuat kartu pecahan. Desain penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan McTaggart, dimana setiap siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar, dengan 10 soal pilihan ganda setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model PjBL, dan observasi aktivitas peserta didik dan guru selama pembelajaran. Teknik analisis menggunakan kuantitatif deskriptif. Nilai  pada siklus I menunjukkan nilai prosentase ketuntasan sebesar 82,14%, hasil tersebut sudah memenuhi nilai KKM yang ditetapkan sebesar 80%. Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) hanya dilakukan satu kali siklus, karena hasil belajar peserta didik sudah memenuhi tujuan penelitian yang diinginkan, yaitu sudah melebihi nilai KKM yang ditetapkan. Secara umum kesimpulan yang dapat diambil yaitu dengan menerapkan  model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.

References

Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 1-12.

Arbaidah. (2021). Upaya Menıngkatkan Hasıl Belajar Matematıka Materı Pecahan Sederhana Melaluı Medıa Kartu Pecahan Dı Kelas Iıı Upt Sd Negerı 20 Barıngın. Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia.

Artika, L. Y., Uyun, M., & Isnaini, M. (2023). Keterampılan Berpıkır Kreatıf Melaluı Project Based Learnıng. Raudhah Proud To Be Professionals Journal TarbiyahIslamiyah, 2746-2447.

Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 486-492.

Baharuddin, M. R. (2020). Profil Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa PGSD Pendahuluan. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 3, 96–104.

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning(PJBL). Jurnal Mimbar Ilmu, 2685-9033.

Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Wahyuddin, Satriani, S., Rusdin, N. Q., & Nurwidiani. (2022). Implementası Model Pembelajaran Project Based Learnıng (Pjbl) Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Matematıka. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 85-90.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Adiyatma, M. R., Amin, S. M., Hasanah, M., & Iffa, S. N. (2023). Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan pada Peserta Didik Kelas 2 SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 217–221. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1028

Most read articles by the same author(s)