Penggunaan Media Booklet untuk Meningkatkan Hasıl Belajar Siswa Kelas II Materı Keragaman Agama di SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya

Authors

  • Lutfiyah Natasya Shohibah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Maghfirotun Amin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Munawaratul Hasanah SDN Tenggilis Mejoyo I surabaya

Keywords:

Media pembelajaran Booklet, aktivitas siswa, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yang melibatkan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing Lapangan. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan lembar observasi dan instrument tes yang berupa pre test dan post test. Perolehan pretest mencapai 43%, siklus I memperoleh 57%, dan siklus II 89,2%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II mengalami kenaikan. Pada siklus 1 69,79% dan siklus II mencapai 89,58%. Dapat disimpulkan penggunaan media booklet dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ananda, R. A. (2022). Pengembangan Media Booklet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Banyak. stkippacitan.

Arikunto , S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta : PT Bumi Aksara .

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada .

Hamid, M. A. (2020). Media Pembelajaran . Medan : Yayasan Kita Menulis .

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42-57.

Satrianawati. (2018 ). Media dan Sumber Belajar . Yogyakarta : CV Budi Utama .

Setyowati, F. (2020). Pengembangan Media Miniatur Kereta Api Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Pembelajaran IPA SD Kelas V . JPGSD, 100-110.

Sudjana , N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widhianto, A. (2021). Analisis Penggunaan Media "Google Form" terhadap Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covi-19 Kelas III SDN 3 Gondang.

Zulfiana. (2017 ). Jenis-jenis Media dalam Pembelajaran .

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Shohibah, L. N., Amin, S. M., & Hasanah, M. (2023). Penggunaan Media Booklet untuk Meningkatkan Hasıl Belajar Siswa Kelas II Materı Keragaman Agama di SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 261–268. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1036

Most read articles by the same author(s)