Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan menggunakan Model Think Pair Share Berbantuan Media Video dan Handout pada Siswa Kelas III SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya

Authors

  • Rofiatul Jannah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Maghfirotun Amin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Asmawarni SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya

Keywords:

Hasil Belajar, Think Pair Share, Video, Handout

Abstract

Tujuan penelitan yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran
Think Pair Share (TPS) berbantuan video dan handout pada mata pelajaran matematika Sekolah Dasar.
Subjek penelitian adalah 29 peserta didik kelas tiga (3) Sekolah Dasar Negri Dukuh Menanggal 1
Surabaya. Data penelitian diperoleh dari hasil tes peserta didik, observasi kegiatan belajar dan wawancara
kepada guru pamomg. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar setelah menerapkan
model pembelajaran TPS berbantuan video dan handout pada materi menghitung lama waktu. Presentasi
Pra siklus ketuntasan belajar 21% dengan 6 peserta didik yang dinyatakan tuntas. Pada siklus pertama,
persentasenya mencapai 55% dengan enam belas peserta didik yang tuntas. Pada siklus kedua, persentase
ketuntasan belajarnya mencapai 90% dengan dua puluh enam peserta didik mencapai target ketuntasan.
Penggunaan model pembelajaran TPS berbantuan video dan handout dapat menjadi salah satu konstribusi
dalam pemecahan masalah hasil belajar Matematika peserta didik kelas tiga pada materi menghitung lama
waktu suatu kegiatan di Sekolah Dasar (SD).

References

Dewi, N. R& Adi Satrio Ardiansyah. (2022). Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika. Klaten: Lakeisha

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Hastuty, M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fisika Materi Fluida. Serambi Konstruktivis, 10-11.

Nana. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Fisika Berbasis Model Poe2we . Klaten: Lakeisha

Oktavianingsih, E. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Di Satuan Paud. Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia

Ruqoyyah, S. (2021). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Cirebon: CV. Edutrimedia Indonesia.

Saputra, N.A & Yuniarti Munaf. (2020). Perkembangan Peserta Didik. Sleman: Deepublish.

Warso, A. W. (2021). Mengenal Pendidikan Tindakan Kelas. Sleman: Deepublish.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Jannah, R., Maghfirotun Amin, S. ., & Asmawarni. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan menggunakan Model Think Pair Share Berbantuan Media Video dan Handout pada Siswa Kelas III SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 259–264. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1184

Most read articles by the same author(s)