Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas II melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Heads Together) pada Materi Penerapan Nilai Pancasila di SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya

Authors

  • sofiyatul mufarrohah unusa
  • Siti Maghfirotun Amin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Asmawarni Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Penerapan nilai Pancasila

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) diharapkan
efektif guna meningkatkan pemahaman materi penerapan nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan (1)
pembelajaran kooperatif tipe NHT diharapkan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran didalam kelas (2) meningkatkan hasil belajar PPKn siswa II pada materi penerapan nilai
pancasila. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus
masing-masing meliputi perencaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas II secara keseluruhan berjumlah 34 siswa, dengan obyek penelitian yaitu pengamatan
aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar PPKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan tes, dengan teknik analisis data secara kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan ketercapaian hasil belajar siswa kelas II pada materi penerapan nilai
pancasila. Hal tersebut terbukti dengan persentase keberhasilan yang diperoleh pada siklus I adalah 55,85%
dan pada siklus II 82,35%. Dengan demikian disimpulkan bahwa menggunakan model kooperatif tipe
NHT pada materi penerapan nilai pancasila dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran sekaligus meningkat hasil belajar siswa adalah efektif.

References

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Irawan, Eka. 2004. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Menggunakan Strategi Belajar Organisasi Pada Pokok Bahasan Pecahan Di Kelas I SLTP UNESA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Komarudin. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Waktu, Jarak, Kecepatan Dalam Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Randusari 02 Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Dialektika P. Matematika. 6(1), 37-46. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/461

Mardikayasa, I. M., Wiyasa, I. K. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2015). Penerapan Mind Mapping Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dan Sikap Sosial Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas Iva Sd Negeri 29 Pemecutan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Mujtahidin. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.

Mujtahidin. 2017. Civic Education di Sekolah. Surabaya: Pustaka Radja.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

mufarrohah, sofiyatul, Maghfirotun Amin, S. ., & Asmawarni. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas II melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Heads Together) pada Materi Penerapan Nilai Pancasila di SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 253–258. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1183

Most read articles by the same author(s)