Penggunaan Media Kereta Satuan Volume untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematıka Kelas 4 SDN Kebonsari
Keywords:
kereta satuan volume, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas 4 SDN Kebonsari pada mata pelajaran Matematika dengan materi satuan volume menggunakan media kereta satuan volume. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Ada dua siklus dalam penelitian tindakan kelas ini, dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dua puluh siswa kelas IV SDN Kebonsari dijadikan sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan informasi yang digunakan adalah observasi dan tes. Lembar observasi dan evaluasi digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian yang dapat dipaparkan telah menghasilkan luaran sebagai berikut: Tingkat ketuntasan siswa meningkat dari siklus I 55% menjadi 85% pada siklus II, hal tersebut dapat terjadi karena pemanfaatan media kereta satuan volume. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4 SDN Kebonsari.
References
Andari, I. Y. (2019, May). Pentingnya media pembelajaran berbasis video untuk siswa jurusan ips tingkat SMA se-Banten. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 263-275).
Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Minat dan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94-104.
Ismayani, A. (2019). Metodologi Penelitian. Syiah Kuala University Press.
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181.
Rahayu, B. S. (2021). Penggunaan Alat Peraga Kereta Satuan Volume untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 241-256.
Sari, dkk. (2019). Pemanfaatan permainan tradisional untuk media pembelajaran: Congklak bilangan sebagai inovasi pembelajaran matematika sekolah dasar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 14-22.
Setijaningrum, E. (2017). Inovasi Kebijakan Pelayanan Publik: Best Practice di lndonesia.
Simamora, Y. S. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi peristiwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) di kelas V MIS YPI Batang Kuis (Doctoral dissertation, Universitas Islam negeri Sumatera Utara).
Zam, E. M. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 9-18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Ana Nisaul Fadilah, Muhammad Thamrin Hidayat, Eva Febriana Basuntarti, Siti Rumisih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.