Penggunaan Media Kereta Satuan Volume untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematıka Kelas 4 SDN Kebonsari

Authors

  • Ana Nisaul Fadilah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Eva Febriana Basuntarti SDN Kebonsari
  • Siti Rumisih SDN Kebonsari

Keywords:

kereta satuan volume, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas 4 SDN Kebonsari pada mata pelajaran Matematika dengan materi satuan volume menggunakan media kereta satuan volume. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Ada dua siklus dalam penelitian tindakan kelas ini, dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dua puluh siswa kelas IV SDN Kebonsari dijadikan sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan informasi yang digunakan adalah observasi dan tes. Lembar observasi dan evaluasi digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian yang dapat dipaparkan telah menghasilkan luaran sebagai berikut: Tingkat ketuntasan siswa meningkat dari siklus I 55% menjadi 85% pada siklus II, hal tersebut dapat terjadi karena pemanfaatan media kereta satuan volume. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4 SDN Kebonsari.

References

Andari, I. Y. (2019, May). Pentingnya media pembelajaran berbasis video untuk siswa jurusan ips tingkat SMA se-Banten. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 263-275).

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Minat dan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94-104.

Ismayani, A. (2019). Metodologi Penelitian. Syiah Kuala University Press.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181.

Rahayu, B. S. (2021). Penggunaan Alat Peraga Kereta Satuan Volume untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 241-256.

Sari, dkk. (2019). Pemanfaatan permainan tradisional untuk media pembelajaran: Congklak bilangan sebagai inovasi pembelajaran matematika sekolah dasar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 14-22.

Setijaningrum, E. (2017). Inovasi Kebijakan Pelayanan Publik: Best Practice di lndonesia.

Simamora, Y. S. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi peristiwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) di kelas V MIS YPI Batang Kuis (Doctoral dissertation, Universitas Islam negeri Sumatera Utara).

Zam, E. M. (2021). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 9-18.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Fadilah, A. N., Hidayat, M. T. ., Basuntarti, E. F. ., & Rumisih, S. . (2023). Penggunaan Media Kereta Satuan Volume untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematıka Kelas 4 SDN Kebonsari. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 103–108. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1055

Most read articles by the same author(s)