Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas II SD melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH)
Keywords:
Keaktifan Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Model Course Review HorayAbstract
Penelitian ini bertujuan menjadikan keaktifan belajar siswa meningkat pada tema 7 kelas II SDN Kedensari 1 dengan menggunakan Model Course Review Horay. Subjek penelitiannya yaitu 20 siswa. Penelitian dilakukan mulai tanggal 07 Maret 2023. Pengumpulan data yang telah diterapkan dalam penelitian ini melalui teknik wawancara, observasi, dan juga kuisioner dengan instrumen panduan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data telah diterapkan melalui teknik analisis deskriptif, kualitatitf, dan kuantitatif. Dalam penelitian yang dilakukan ini didapatkan hasil berupa peningkatan kekatifan siswa setelah guru mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay saat pembelajaran. Pada siklus I memperoleh hasil keaktifan siswa yang sudah meningkat sebesar 70% dan ketika siklus II keaktifan siswa naik sehingga menjadi 90%.
References
Norkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1): 24-44.
Japa dan Suarjana. 2015. Pendidikan Matematika III. Singraja: Undiksha Press.
Lubis, Maulana Arafat dan Nashran Azizan. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Rokhmatul Ummah, Muhammad Thamrin Hidayat, Rochmatul Ira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.