Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas II SD melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH)

Authors

  • Rokhmatul Ummah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rochmatul Ira SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo

Keywords:

Keaktifan Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Model Course Review Horay

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjadikan keaktifan belajar siswa meningkat pada tema 7 kelas II SDN Kedensari 1 dengan menggunakan Model Course Review Horay. Subjek penelitiannya yaitu 20 siswa. Penelitian dilakukan mulai tanggal 07 Maret 2023. Pengumpulan data yang telah diterapkan dalam penelitian ini melalui teknik wawancara, observasi, dan juga kuisioner dengan instrumen panduan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data telah diterapkan melalui teknik analisis deskriptif, kualitatitf, dan kuantitatif. Dalam penelitian yang dilakukan ini didapatkan hasil berupa peningkatan kekatifan siswa setelah guru mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay saat pembelajaran. Pada siklus I memperoleh hasil keaktifan siswa yang sudah meningkat sebesar 70% dan ketika siklus II keaktifan siswa naik sehingga menjadi 90%.

References

Norkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1): 24-44.

Japa dan Suarjana. 2015. Pendidikan Matematika III. Singraja: Undiksha Press.

Lubis, Maulana Arafat dan Nashran Azizan. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Ummah, R., Hidayat, M. T., & Ira, R. (2023). Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas II SD melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH). PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 399–403. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1149

Most read articles by the same author(s)