Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Aku dan Kebutuhan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Kelas 4 SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo
Keywords:
Kooperatif, Pembelajaran, PeningkatanAbstract
Proses pembelajaran ialah kegiatan interaksi antara guru dan peserta didik dalam menggapai tujuan belajar. Namun terkadang proses pembelajaran belum dapat mencapai tujuan yang diharapkan/ Berdasar hasil observasi di SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo kelas IV ditemukan informasi : 1) guru menggunakan model pendekatan satu arah saat pembelajaran IPAS sehingga menurunkan motivasi belajar, 2) kelas IV SDN Kedensari 1 Sidoarjo mendapat nilai IPAS dibawah KTKP. Diambil sebuah rumusan masalah yaitu “Bagaimana upaya dalam meningkatkan hasil belajar materi IPAS kelas IV SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo?”. Penelitian ini menggunakan model kooperatif STAD. Subjek penelitian yaitu 17 peserta didik kelas IV SDN Kedensari 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes hasil belaajr dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh dari pre test dan post test. Hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan yang awalnya 37,5% di siklus 1 menjadi 43,7% dan siklus 2 menjadi 81,2%. Rerata hasil belajar siklus 1 dari 70,0 menjadi 81,8. Nilai tertinggi pada siklus 1 adalah 90 dan meningkat menjadi 100 di siklus 2. Nilai paling rendah siklus 1 ialah 40 dan menjadi 50 di siklus 2. Kesimpulannya adalah model kooperatif STAD mampu meningkatkan hasil belajar IPAS materi “Aku dan Kebutuhanku” pada peserta didik kelas IV SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo.
References
Arikunto, S., Supardi., Suhardjono. (2021). Penelitian tindakan kelas kolaboratif Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Gumantan, A., Imam, M., Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes Kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan. 19(2). 1693-1475. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/21828/14692
Hotimah, D. H. (2022) Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi. Bogor: Guepedia.
Istiqamah, N., Nurmi. (2014). Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Dengan Model Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Kelas VII C SMP Negeri 4 Woha Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan MIPA. 4(2). 2088-0294. https://stkiptsb.ac.id/simak-tsb/admin/pubin/14904051662.%20NO.2%20MIPA.pdf#page=156
Prihantoro, A., dan Fattah, H. (2019). Melakukan Penelitian tindakan kelas kolaboratif. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. 9(1). 1907-2333. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/283/313
Rifai. (2019). Penelitian tindakan kelas kolaboratif PAK. Sukoharjo: Bornwin’s Publishing.
Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadarah Ilmu Dakwah. 17(33). 1412-9515. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374
Tafonao, Talizaro. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2). 2549-1725. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113/101
Umam, M. K. (2018).Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Al-Hikmah. 6(2). 62-76. file:///C:/Users/Personalize/Downloads/74-145-1-SM%20(2).pdf
Wibowo, Purwo A., dan Gesi M. D. P. (2021). Konsep Dasar Matematika. Jepara: UNISNU Press.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development. 8(2). 2614-6061. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1758/889
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Ni'matul Mutammimah, Muhammad Thamrin Hidayat, Rochmatul Ira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.