Praktik Pendidikan di Kelas 4 SDN Margorejo I / 403 Surabaya
Keywords:
praktik, pembelajaran, kelas empatAbstract
Pembelajaran paradigma baru di SDN Maegorejo 1/403 Surabaya menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran dan memberikan kebebasan kepada mereka. Penyusunan perangkat pembelajaran didahului oleh asesmen diagnostik untuk memahami kebutuhan peserta didik. Seluruh kegiatan pembelajaran difokuskan pada peserta didik, dengan melibatkan mereka secara aktif. Guru berperan sebagai fasilitator, mengarahkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan mempertimbangkan minat dan kebutuhan peserta didik. Evaluasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain dalam pembelajaran, peserta didik diberdayakan dalam pemilihan ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat mereka. Guru juga mendukung melestarikan budaya lokal melalui kegiatan seperti tari remo dan permainan tradisional. Pembelajaran ini mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
References
Ainia, Dela. 2020. Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. 3 (3), from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/24525.
Koswara, Dedi. 2010. Pembelajaran Kreatif dan Bermakna, from https://docplayer.info/68885267-Pembelajaran-kreatif-dan-bermakna-oleh-dr-dedi-koswara-m-hum.html
Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif, from http://repository.unp.ac.id/23547/
Meriyati. 2015. Memahami Karakteristik Anak Didik, from http://repository.radenintan.ac.id/10379/1/1.%20BUKU_KARAKTERISTIK_Meriyati_Fix_Baru.pdf
Satir, Sri. 2016. Pendidikan yang Membelenggu, Membebaskan dan Memperdayakan. 8 (2), from https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/download/115/110
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Ana Nisaul Fadilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.