Peningkatan Kemampuan Hitung Perkalian Bilangan Cacah melalui Model Pembelajaran Kooperatif (Make A Match) pada Peserta Didik Kelas IV SDN Kebonsari Sidoarjo

Authors

  • Fita Sulis Setyowati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Rumisih SDN Kebonsari Sidoarjo
  • Eva Febriana Basuntarti SDN Kebonsari Sidoarjo

Keywords:

perkalian, hasil belajar, model kooperatif, make a match

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hitung perkalian bilangan cacah pada peserta didik kelas IV SDN Kebonsari Sidoarjo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah subjek sebanyak 20 peserta didik kelas IV SDN Kebonsari Sidoarjo. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor peserta didik pada pre-test sebesar 53, tes siklus pertama sebesar 68,5, dan tes siklus kedua sebesar 82. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif make a match efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan cacah pada peserta didik kelas IV SDN Kebonsari Sidoarjo.

References

Amir, M.F & Sartika, B.S. (2017). Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hayati, Sri. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: DIPA

Universitas Tidar.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyono, Abdurrahman. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Riadi, M. (2015). Model Pembelajaran Tipe Make a Match. [Online]. Tersedia http://www.kajianpustaka.com/2015/03/model-pembelajaran-tipe-makematch.html. 13 Mei 2023 (09.55)

Slavin, Steve. (2005). Matematika Untuk Sekolah Dasar (terjemahan). Bandung: Pakar Raya.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Setyowati, F. S., Hidayat, M. T., Rumisih, S., & Basuntarti, E. F. (2023). Peningkatan Kemampuan Hitung Perkalian Bilangan Cacah melalui Model Pembelajaran Kooperatif (Make A Match) pada Peserta Didik Kelas IV SDN Kebonsari Sidoarjo. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 284–289. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1056

Most read articles by the same author(s)