Penggunaan Media Papan Puzzle untuk Meningkatkan Hasıl Belajar Matematıka Peserta Dıdık Kelas IV SDN Kedensari 1 Tanggulangin

Authors

  • Vena Ayunda Ramadhani Putri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rochmaawati Ira SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo

Keywords:

peningkatan, hasil belajar, media papan puzzle

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peningkatan hasil belajar bidang studi matematika kelas IV melalui penggunaan media papan puzzle pecahan. Subjek penelitian diikuti 15 peserta didik kelas IV SDN Kedensari 1 Tanggulangin. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Diperoleh hasil nilai rerata pra-siklus mencapai 43,4 dan tahap  siklus I mencapai 68,5. Pada siklus II mengalami kemajuan peningkatan mencapai 83. Berdasar uraian diatas, disimpulkan penggunaan media papan puzzle pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN Kedensari 1 Tanggulangin Kecamatan Sidoarjo. 

References

A Haris, A Jihad. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Depdiknas. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Hidayati, Eka Wahyu. "Penggunaan Media Puzzle Konstruksi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SDN Kemangsen II Krian." Indonesian Journal Of Islamic Education Studies (IJIES) 1.1 (2018): 61-88.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan . Jember. “Pena Salsabila” Ibrahim, Ibrahim,H.M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Surabaya.

Perdana, Yudha Caesar and , Dra. Surtikanti, M. Pd. (2013) Penanganan Anak Hiperaktif Melalui Terapi Bermain Puzzle Di TK Al Firdaus Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sidabutar. (2018). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari. Jurnal Pendidikan, 9(2), 1–11. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/115

Ulfa, M. (2019). Strategi Preview , Question , Read , Reflect , Recite , Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 1(1), 48–55.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Putri, V. A. R., Hidayat, M. T., & Ira, R. (2023). Penggunaan Media Papan Puzzle untuk Meningkatkan Hasıl Belajar Matematıka Peserta Dıdık Kelas IV SDN Kedensari 1 Tanggulangin. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 151–155. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1030

Most read articles by the same author(s)