Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema 7 melalui Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Kelas II SDN Kedensari 1 Tanggulangın Sidoarjo
Keywords:
peningkatan, hasil belajar, kooperatifAbstract
Proses pembelajaran merupakan kegiatan mencapai tujuan pembelajaran melalui interaksi antara guru dan siswa yang berlangsung. Tetapi terkadang proses pembelajaran belum mencapai tujuan yang diinginkan. Menurut hasil observasi di kelas II SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo ditemukan informasi bahwasannya guru menggunakan model pendekatan satu arah saat mengajar sehingga menurunkan motivasi belajar, kemudian siswa dibawah kriteria ketuntasan minimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dalam pengaplikasian model talking stick bisa membuat hasil belajar siswa kelas II naik. Subjek penelitian yaitu 20 siswa. Cara pengambilan data berupa observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Cara identifikasi data melalui pretest dan posttest. Hasilnya adalah hasil belajar naik setelah diberikan model tersebut. Persentase awal atau pra siklus menghasilkan jumlah sebesar 45%, kemudian naik ketika siklus 1 menjadi 75%, dan naik lagi di siklus 2 menjadi sebesar 85%. Rerata hasil belajar siswa di siklus 1 dari 66,5 berubah jadi 80. Kemudian nilai paling tinggi pada siklus 1 adalah 90 dan siklus 2 menjadi 100. Sedangkan nilai paling rendah ketika siklus 1 adalah 45 dan siklus 2 menjadi 70. Kesimpulannya yaitu model belajar Talking Stick mampu memberikan kenaikan terhadap hasil belajar Tema 7 siswa kelas II SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo.
References
Admin. (2020, Juli 17). Pre test dan pos test. Diambil kembali dari Among guru: https://bit.ly/3ogvdBV
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hobri. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru dan Praktisi. Jember: Pena Salsabila
Ibid,hlm.90-91
Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif; Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar
Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan, 2011, hlm. 89.
Jihad, Asep, dan Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Grasindo© Taniredja, Tukiran,dkk. 2011.Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Thobroni, M. 2016. Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: R-RUZZ MEDIA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Nur Aini, Muhammad Thamrin Hidayat, Rochmatul Ira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.