Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema 7 melalui Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Kelas II SDN Kedensari 1 Tanggulangın Sidoarjo

Authors

  • Nur Aini Universitas NU Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rochmatul Ira SDN Kedensari 1 Tanggulangin-Sidoarjo

Keywords:

peningkatan, hasil belajar, kooperatif

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan mencapai tujuan pembelajaran melalui interaksi antara guru dan siswa yang berlangsung. Tetapi terkadang proses pembelajaran belum mencapai tujuan yang diinginkan. Menurut hasil observasi di kelas II SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo ditemukan informasi bahwasannya guru menggunakan model pendekatan satu arah saat mengajar sehingga menurunkan motivasi belajar, kemudian siswa dibawah kriteria ketuntasan minimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dalam pengaplikasian model talking stick bisa membuat hasil belajar siswa kelas II naik. Subjek penelitian yaitu 20 siswa. Cara pengambilan data berupa observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Cara identifikasi data melalui pretest dan posttest. Hasilnya adalah hasil belajar naik setelah diberikan model tersebut. Persentase awal atau pra siklus menghasilkan jumlah sebesar 45%, kemudian naik ketika siklus 1 menjadi 75%, dan naik lagi di siklus 2 menjadi sebesar 85%. Rerata hasil belajar siswa di siklus 1 dari 66,5 berubah jadi 80. Kemudian nilai paling tinggi pada siklus 1 adalah 90 dan siklus 2 menjadi 100. Sedangkan nilai paling rendah ketika siklus 1 adalah 45 dan siklus 2 menjadi 70. Kesimpulannya yaitu model belajar Talking Stick mampu memberikan kenaikan terhadap hasil belajar Tema 7 siswa kelas II SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo.

References

Admin. (2020, Juli 17). Pre test dan pos test. Diambil kembali dari Among guru: https://bit.ly/3ogvdBV

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hobri. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru dan Praktisi. Jember: Pena Salsabila

Ibid,hlm.90-91

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif; Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan, 2011, hlm. 89.

Jihad, Asep, dan Haris, Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Grasindo© Taniredja, Tukiran,dkk. 2011.Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, M. 2016. Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: R-RUZZ MEDIA

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Aini, N., Hidayat, M. T. ., & Ira, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema 7 melalui Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Kelas II SDN Kedensari 1 Tanggulangın Sidoarjo. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 125–130. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1024

Most read articles by the same author(s)