Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni’matul Mutammimah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rochmatul Ira SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo

Keywords:

Kooperatif, Pembelajaran, Peningkatan

Abstract

Proses pembelajaran ialah kegiatan interaksi antara guru dan peserta didik dalam menggapai tujuan belajar. Namun terkadang proses pembelajaran belum dapat mencapai tujuan yang diharapkan/ Berdasar hasil observasi di SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo kelas IV ditemukan informasi : 1) guru menggunakan model pendekatan satu arah saat pembelajaran IPAS sehingga menurunkan motivasi belajar, 2) kelas IV SDN Kedensari 1 Sidoarjo mendapat nilai IPAS dibawah KTKP. Diambil sebuah rumusan masalah yaitu “Bagaimana upaya dalam meningkatkan hasil belajar materi IPAS kelas IV SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo?”. Penelitian ini menggunakan model kooperatif STAD. Subjek penelitian yaitu 17 peserta didik kelas IV SDN Kedensari 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes hasil belaajr dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh dari pre test dan post test. Hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan yang awalnya 37,5% di siklus 1 menjadi 43,7% dan siklus 2 menjadi 81,2%. Rerata hasil belajar siklus 1 dari 70,0 menjadi 81,8. Nilai tertinggi pada siklus 1 adalah 90 dan meningkat menjadi 100 di siklus 2. Nilai paling rendah siklus 1 ialah 40 dan menjadi 50 di siklus 2. Kesimpulannya adalah model kooperatif STAD mampu meningkatkan hasil belajar IPAS materi “Aku dan Kebutuhanku” pada peserta didik kelas IV SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo.

References

Admin. (2020, Juli 17). Pre test dan pos test. Diambil kembali dari Among guru: https://bit.ly/3ogvdBV

Al-Tabany, T. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan kontekstual. Jakarta: Prenandamedia Grup

Bektiarso, S. (2015). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Lakbang

Fajar, A. (2004). Porto Folio dalam Pembelajaran IPA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hobri. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru dan Praktisi. Jember: Pena Salsabila

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif; Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar

Kokom Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Mutrofin. (2015). Reposisi Variabel dalam Penelitian Pembelajaran di Sekolah Berbasis Teori Deskriptif. Jurnal Analisis Pendidikan Dasar dan Menengah Indonesia, Vol 1. No.2 Hlm.79

Nurhadi (2004) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar Biologi SMA. Surabaya: PPS IKIP Surabaya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka. Cipta.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sudjana, Nana. (2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Grasindo

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Susanto, A.(2013). Teori dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana

Sutama. (2011). Penelitian Tindakan. Semarang: CV Citra Mandiri Utama

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Mutammimah, N. ., Hidayat, M. T. ., & Ira, R. . (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di Kelas IV Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 62–69. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1187

Most read articles by the same author(s)