Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Kooperatif, Pembelajaran, PeningkatanAbstract
Proses pembelajaran ialah kegiatan interaksi antara guru dan peserta didik dalam menggapai tujuan belajar. Namun terkadang proses pembelajaran belum dapat mencapai tujuan yang diharapkan/ Berdasar hasil observasi di SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo kelas IV ditemukan informasi : 1) guru menggunakan model pendekatan satu arah saat pembelajaran IPAS sehingga menurunkan motivasi belajar, 2) kelas IV SDN Kedensari 1 Sidoarjo mendapat nilai IPAS dibawah KTKP. Diambil sebuah rumusan masalah yaitu “Bagaimana upaya dalam meningkatkan hasil belajar materi IPAS kelas IV SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo?”. Penelitian ini menggunakan model kooperatif STAD. Subjek penelitian yaitu 17 peserta didik kelas IV SDN Kedensari 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes hasil belaajr dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh dari pre test dan post test. Hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan yang awalnya 37,5% di siklus 1 menjadi 43,7% dan siklus 2 menjadi 81,2%. Rerata hasil belajar siklus 1 dari 70,0 menjadi 81,8. Nilai tertinggi pada siklus 1 adalah 90 dan meningkat menjadi 100 di siklus 2. Nilai paling rendah siklus 1 ialah 40 dan menjadi 50 di siklus 2. Kesimpulannya adalah model kooperatif STAD mampu meningkatkan hasil belajar IPAS materi “Aku dan Kebutuhanku” pada peserta didik kelas IV SDN Kedensari 1 Tanggulangin Sidoarjo.
References
Admin. (2020, Juli 17). Pre test dan pos test. Diambil kembali dari Among guru: https://bit.ly/3ogvdBV
Al-Tabany, T. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan kontekstual. Jakarta: Prenandamedia Grup
Bektiarso, S. (2015). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Lakbang
Fajar, A. (2004). Porto Folio dalam Pembelajaran IPA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hobri. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru dan Praktisi. Jember: Pena Salsabila
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif; Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar
Kokom Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.
Mutrofin. (2015). Reposisi Variabel dalam Penelitian Pembelajaran di Sekolah Berbasis Teori Deskriptif. Jurnal Analisis Pendidikan Dasar dan Menengah Indonesia, Vol 1. No.2 Hlm.79
Nurhadi (2004) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar Biologi SMA. Surabaya: PPS IKIP Surabaya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka. Cipta.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Sudjana, Nana. (2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Grasindo
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Susanto, A.(2013). Teori dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana
Sutama. (2011). Penelitian Tindakan. Semarang: CV Citra Mandiri Utama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni’matul Mutammimah, Muhammad Thamrin Hidayat, Rochmatul Ira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.