Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Project Based Learning Berbantu Media Tangram pada Kelas IV SDN Gayungan 1 Surabaya
Keywords:
Project Based Learning, tangram, learning outcomesAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di SDN Gayungan 1 Surabaya melalui implementasi dari model project based learning berbantu media tangram dan dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I metode peaksanaan menggunakan metode ceramah saja. Metode ceramah saja kurang efektif karena menjadikan peserta didik bosan, sehingga memicu kurang bersemangat saat belajar yang berdampak pada hasil belajar mereka kurang memenuhi standar penilaian atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). KKM pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN Gayungan 1 Surabaya yaitu 80. Pada siklus II diterapkannya model project based learning berbantu media tangram. Penerapan model dan media tersebut mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai hasil belajar peserta didik siklus II mata pelajaran matematika. Pada siklus I, nilai ketuntasan klasikal hanya 59,09% dengan kategori cukup lalu meningkat pada siklus II yaitu 90,9% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka penggunaan model project based learning berbantu media tangram dapat dikatakan berhasil meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar.
References
Fitria, R. A., & Suyadi. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Tangram dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri di TK Qurrota A’yun Ponorogo. Aulad: Journal on Early Childhood, 1-7.
Mahmud. (2008). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita.
Niranty, A., Irdiyansyah, I., & Gani, R. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 763-770.
Refarmzanah, A. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Mind Mapping dan Diorama dengan Model Student Team Achievement Devision (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Mobilitas Sosial Siswa SMP Sains Tebuireng Jombang. Skripsi.
Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.
Wahyuddin, Satriani, S., Rusdin, N. Q., & Nurwidiani. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 85-90.
Widodo, S. (2007). Pengantar Dasar Matematika. Kediri: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Aditya Eka Darmadi, Siti Maghfirotun Amin, Astutik Anggraini, Hadi Prawiro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.