Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Menjaga Keutuhan NKRI melalui Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas IV SDN Gayungan 1 Surabaya
Keywords:
Bermain Peran, Hasil Belajar, PKnAbstract
Metode bermain peran merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran PKn pada materi menjaga keutuhan NKRI. Matode bermain peran tersebut diajarkan dengan berusaha memaksimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep tersebut, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran lebih diutamakan daripada hasil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah ingin mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi menjaga keutuhan NKRI melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN Gayungan 1 Surabaya Tahun Pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 63,63%, dapat meningkat menjadi 90,90% pada siklus II. Hasil penelitian tidakan kelas (PTK) ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan ketuntasan mencapai 90,90%.
References
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829-837.
Djamarah, S. Bahri dan Zain Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Mahmud. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita.
Mulyani Sumantri & Johar Permana. (2001). Strategi Belajar MengajarI, Bnadung: CV Maulana.
Oktifuadi, Khoirrosyid. (2018). No Title No Title. Jounal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 168-199. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.
Somantri, Nu’man. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. PPS-FPIPS UPI: Bandung. Bandung.
VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 596), 1936-1941.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Candra Mahardika, Siti Maghfirotun Amin, Astutik Anggraini, Hadi Prawiro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.