Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA dengan Media Audiovisual di SDN Bulak Rukem I Surabaya

Authors

  • Dhinta Wulansari Tri Surya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suwarti SDN Bulak Rukem I Surabaya
  • Ani Setyaningsih SDN Bulak Rukem I Surabaya

Keywords:

Problem Based Learning, Media Audiovisual, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas V SDN Bulak Rukem I Surabaya dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media audiovisual. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VD SDN Bulak Rukem I Surabaya yang berjumlah 39 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VD SDN Bulak Rukem I Surabaya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 51%, pada siklus II meningkat menjadi 92%. Sedangkan berdasarkan nilai rata-rata dari hasil belajar pada siklus I (73,84)  meningkat pada siklus II  yaitu sebesar  92,82.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas V SDN Bulak Rukem I Surabaya dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media audiovisual. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VD SDN Bulak Rukem I Surabaya yang berjumlah 39 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes tertulis sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VD SDN Bulak Rukem I Surabaya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 51%, pada siklus II meningkat menjadi 92%. Sedangkan berdasarkan nilai rata-rata dari hasil belajar pada siklus I (73,84)  meningkat pada siklus II  yaitu sebesar  92,82.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Depdiknas.2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.

Iskandar, Dr. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wisudawati, Asih dan Sulistyowati, Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Surya, D. W. T., Kasiyun, S., Suwarti, & Setyaningsih, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA dengan Media Audiovisual di SDN Bulak Rukem I Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 227–233. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1042

Most read articles by the same author(s)