Pancasila Sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dalam Mewujudkan Pembelajaran Berbasis Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Dhinta Wulansari Tri Surya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Pancasila, Profil Pelajar Pancasila, Pelajar Pancasila

Abstract

Pancasila menjadi landasan bagi terbentuknya Profil Pelajar Pancasila sehingga dalam praktiknya selalu mengedepankan prinsip-prinsip yang terkandung dalam Pancasila. Pendidikan yang berdasarkan pada Profil Pelajar Pancasila akan mengembalikan esensi pendidikan di Indonesia yang berakar pada Pancasila. Pelajar Pancasila mencerminkan identitas pelajar Indonesia yang memiliki keahlian global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam karakteristik utama: memiliki keyakinan dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berperilaku yang mulia, memiliki sikap inklusif, mampu bekerja sama, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif. Pembelajaran yang berbasis pada Profil Pelajar Pancasila perlu didukung oleh suasana sekolah yang kondusif dan inklusif. Dalam lingkungan yang demokratis dan berbudaya Pancasila, para siswa dapat berinteraksi dan belajar untuk menghormati perbedaan serta menerapkan nilai-nilai sosial Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Melibatkan peran orang tua dalam pembelajaran yang berbasis pada Profil Pelajar Pancasila menjadi faktor yang penting. Pemerintah perlu memperkuat kebijakan dan program-program yang mendukung pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila. Untuk itu, diperlukan pengembangan kurikulum yang menekankan integrasi nilai-nilai Pancasila, pelatihan bagi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila, serta pengawasan dan evaluasi yang ketat untuk memastikan kualitas implementasi pembelajaran tersebut.

References

Adiatman. 2022. Peran Profil Pelajar Pancasila dalam Membangun Karakter Peserta Didik https://www.indonesiana.id/read/159420/peran-profil-pelajar-pancasila-dalam-membangun-karakter-peserta-didik. Diposting pada Tanggal 24 November 2022.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Kahfi, Ashabul. 2022. Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Omeri, Nopan. 2017. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Artikel Pendidikan Januari 2017.

Pusdatin. 2021. Profil Pelajar Pancasila Dirumuskan OlehKemendikbud.https://bpip.go.id/berita. Diposting pada Tanggal 9 Juli 2021.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Surya, D. W. T. (2023). Pancasila Sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dalam Mewujudkan Pembelajaran Berbasis Profil Pelajar Pancasila. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 234–239. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1069