Meningkatkan Keterampilan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Diskusi Kelas V SDN Bulak Rukem 1/258
Keywords:
Metode diskusi, keterampilan berbicaraAbstract
Penelitian ini diberikan bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui metode diskusi pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V C SDN Bulak Rukem 1. Subjek penelitian ini berjumlah 40 siswa. Penelitian dilaksanakan pada 7 maret hingga 13 April 2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa penduan observasi, pedoman wawancara serta angket. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil berupa peningkatan keterampilam bernicara siswa setelah menggunakan metode diskusi. Pada siklus 1 diperoleh peningkatan sebesar 20%, sedangkan padà siklus 2 Terfapat peningkatan sebesar 25%, kemudian pada siklus ke 3 peningkatan kemampuan berbicara kategori baik meningkat menjadi 80%. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah ditemukan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa sebanyak 60% setiap siklusnya. Dan peningkatan sebesar 64,5% dari awal penelitian. Artinya, meyode diskusi memiliki efektifitas keterampolan membaca siswa kelas V-C SDN Bulak Rukem 1/258.
References
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118
Deshpande, S. (2013). Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385
Ningsih, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 243–256.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Amelia Ramadani, Suharmono Kasiyun, Ani Setyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.