Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SDN Kalirungkut I/264 Surabaya melalui Media Pembalajaran
Keywords:
Media pembelajaran, pecahan, hasil belajar, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif matematika materi pecahan
peserta didik kelas III melalui media pembelajaran yang menarik yaitu ‘Cookies Pecahan’. Penelitian ini
menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik
kelas IIIC SDN Kalirungkut I/264 Surabaya tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 orang. Teknik
analisis data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini ialah secara kuantitatif untuk
menganalisis ketercapaian hasil belajar peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini membuktikan bahwa
hasil belajar kognitif peserta didik kelas IIIC SDN Kalirungkut I/264 Surabaya pada mata pelajaran
matematika materi pecahan telah mengalami peningkatan setelah pelaksanaan siklus I dan II, dengan
menggunakan media pembelajaran ‘Cookies pecahan’. Hal tersebut terbukti dengan persentase jumlah
peserta didik yang telah tuntas mencapai 43,24% pada siklus I dan 81,08% pada siklus II.
References
Ahdiyat, M. (2015). Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan HasiI BeIajar Matematika Pada Materi PengoIahan Data. Faktor: JurnaI IImiah Kependidikan, 1(2).
Arikunto, S. 2007. PeneIitian Tindakan KeIas. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhammad. 2011. Metode Tutor Sebaya. Jakarta: Pedoman IImu.
Azhari (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri UNGGUL Sigli. Jurnal Biologi Edukasi, 7(1) 16.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27-33.
Mujtahidin. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.
Mujtahidin. 2017. Civic Education di Sekolah. Surabaya: Pustaka Radja.
MukhIis, A (Ed), 2000. PeneIitian Tindakan KeIas, MakaIah Panitia PenuIisan Karya IImiah Untuk Guru- Guru Se-Kabupaten Tuban.
Rasyidi, W. (2000). Eksistensi Ilmu Pendidikan. (Makalah). Bandung: Tidak Diterbitkan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Annek Octaviani, yuni Purwanti, suharmono kasiyun, Nafiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.