Penıngkatan Hasıl Belajar Sıswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya

Authors

  • Muhammad Aris Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ani Setianingsih SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya
  • Suwarti SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya

Keywords:

Teams Game Tournament, Kooperatif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VA di SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya. 39 siswa kelas VA dijadikan sebagai subjek penelitian, dan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil pra-siklus menunjukkan rata-rata skor 66 dengan hanya 25% siswa yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM. Namun terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus I dan II setelah penerapan model pembelajaran TGT. Pada siklus I rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 75,4 dan 48 persen siswa mencapai hasil belajar lebih tinggi dari KKM. Pada siklus II hasil belajar siswa kelas VA yang normal meningkat menjadi 80,2 dengan 77% nilai siswa di atas KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Astiti,

Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2).

Khauro, K., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1-10.

Rusman, D., & Pd, M. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suwarni, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas 1 SD Negeri 004 Teratak Buluh. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 3(1), 175-181

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Aris, M., Kasiyun, S., Setianingsih, A., & Suwarti. (2023). Penıngkatan Hasıl Belajar Sıswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 332–337. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1090

Most read articles by the same author(s)