Metode Tutor Sebaya Berbantuan Media Ditangbaris: Solusi Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fajriatul Faizah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ani Setianingsih SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya
  • Suwarti SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya

Keywords:

Metode Tutor Sebaya, Ditangbaris (Diagram Batang, Gambar, dan Baris), Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan meningkatkan ketercapaian hasil belajar kognitif matematika materi penyajian data peserta didik kelas V melalui metode tutor sebaya berbantuan media pembelajaran DITANGBARIS (Diagram Batang, Gambar, dan Garis). PeneIitian ini menggunakan jenis PeneIitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek peneIitian adalah keseluruhan peserta didik kelas V-B SDN BuIak Rukem I/258 Surabaya tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 37 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan teknik anaIisis data secara kuantitatif untuk menganalisa hasil belajar kognitif peserta didik berupa hasil tes baik sebelum maupun sesudah menerapkan metode tutor sebaya berbantuan media DITANGBARIS. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik kelas V-B  SDN BuIak Rukem I/258 Surabaya pada mata pelajaran matematika materi penyajian data telah mengalami peningkatan setelah pelaksanaan siklus I dan II, dengan menggunakan metode Tutor Sebaya berbantuan media pembelajaran DITANGBARIS (Diagram Batang, Gambar, dan Garis). Hal tersebut terbukti dengan persentase jumlah peserta didik yang telah tuntas mencapai 43,24% pada siklus I dan 81,08% pada siklus II.

References

Ahdiyat, M. (2015). Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan HasiI BeIajar Matematika Pada Materi PengoIahan Data. Faktor: JurnaI IImiah Kependidikan, 1(2).

Arikunto, S. 2007. PeneIitian Tindakan KeIas. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad. 2011. Metode Tutor Sebaya. Jakarta: Pedoman IImu.

MukhIis, AbduI (Ed), 2000. PeneIitian Tindakan KeIas, MakaIah Panitia PenuIisan Karya IImiah Untuk Guru-Guru Se-Kabupaten Tuban.

Puspitasari, Y., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Studi Kasus Tentang Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi BeIajar. JurnaI IImiah SekoIah Dasar, 3(2), 177-183.

Rokhım, A. (2021). Penıngkatan Prestası BeIajar Komposısı Foto Dan Vıdeo Dengan Metode Tutor Sebaya Dan Berbantuan Medıa Youtube. VocatıonaI: JurnaI Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 58-75.

Rozie, Fachrur. 2017. Komputer PembeIajaran. BangkaIan: Universitas Trunojoyo Madura.

WaIi, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan HasiI BeIajar Siswa Dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya. Raınstek: JurnaI Terapan Sains & TeknoIogi, 2(2), 164-173.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Faizah, F., Kasiyun, S., Setianingsih, A., & Suwarti. (2023). Metode Tutor Sebaya Berbantuan Media Ditangbaris: Solusi Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 484–489. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1126

Most read articles by the same author(s)