Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SDN Karangbong melalui Metode Role Playing

Authors

  • Shinta Prasti Permatadewi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyun Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nikmahatus Romadhona SD Negeri Karangbong
  • Cholidah Machbul SD Negeri Karangbong

Keywords:

Bahasa Jawa, Motivasi Belajar, Role Playing

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Jawa di kelas IV A SD Negeri Karangbong menggunakan metode Role Playing. Penelitian kolaboratif ini mengimplementasikan model Kurt Lewin dengan melibatkan 19 peserta didik. Data-data yang digunakan pada penelitian ini didapat dengan wawancara, observasi, angket, tes tulis, dan dokumentasi. Penelitian menghasilkan bahwa penerapan metode Role Playing berhasil. Hal ini dilihat pada aktivitas guru dan peserta didik yang meningkat, yaitu dari 75 di siklus pertama menjadi 90 di siklus kedua untuk aktivitas guru dan dari 68,75 di siklus pertama menjadi 89,5 pada siklus kedua untuk aktivitas peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV A. Hal tersebut dilihat pada persentase motivasi belajar peserta didik dari 50% di siklus pertama menjadi 89,47% di siklus kedua. Ketuntasan hasil belajar peserta didik juga meningkat dari 63,15% di siklus pertama menjadi 84,21% di siklus kedua. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan metode tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berbahasa pada peserta didik di SD Negeri Karangbong. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi pada peningkatan literatur terkait metode pembelajaran inovatif untuk mengoptimalkan hasil belajar di berbagai konteks.

References

Dewi, Ratna Puspita dan Ganes Gunansyah. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014

Hidayati, Nur. 2011. Metode pembelajaran interaktif, (Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni UNY)

Indrastuti, Nining. Metode Simulasi Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Negeri 2 Gondang Kelas V Semester I Kec. Keboanarum Kabupaten Klaten, (Klaten: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012)

Kunandar, 2011. Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru,(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran: Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global, (Malang: UIN Maliki Press)

Riduwan, 2008. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, (Bandung:ALFABETA)

Riyadi, Slamet dkk. 1994. Pengajaran Bahasa Jawa di Sekolah Pendidikan Guru Daerah Istimewa Yogyakarta, (Jakarta, Pusat pembinaan dan pengembangan bahasa)

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta : Kencana)

Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. (Jakarta: Bumi Aksara)

Wedhawati, 2006 dkk. Tata Bahasa Jawa Mutakhir, (Yogyakarta: Penerbit KANISIUS)

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Permatadewi, S. P. ., Kasiyun, S. ., Romadhona, N. ., & Machbul, C. . (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SDN Karangbong melalui Metode Role Playing. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 86–92. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1075

Most read articles by the same author(s)