Penggunaan Media Visualisasi Micah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V

Authors

  • Ahmad Fauzi
  • Suharmono Kasiyun

Keywords:

Media Visualisasi Micah, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V UPT SDN Karangketug II diperoleh data rata-rata nilai kelas dari 29 siswa adalah 58 dan masih ada 14 (47%) siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu skor nilai tes siswa < 75. Keadaan demikian disebabkan karena dalam pembelajaran matematika guru hanya memberikan rumus yang harus dihafalkan oleh siswa dan dicobakan dalam soal-soal latihan. Dengan demikian siswa sulit memahami materi karena hanya besifat abstrak dan tidak bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada pokok bahasan bilangan pecahan dengan menggunakan media visualisasi Micah di kelas V UPT SDN Karangketug II. Visualisasi Micah adalah suatu media pembelajaran dimana siswa menggunakan indera penglihatannya dengan memanfaatkan mika plastik yang dibuat sebagai sarana bentuk pecahan. Mika yang dibuat pecahan ini disebut Micah. Melalui visualisasi ini, siswa dapat menemukan hasil dari operasi pecahan tanpa menggunakan rumus dan menghafalkan perkalian untuk sekedar menyamakan penyebut atau mencari hasil dari operasi pecahan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan pembelajaran matematika dengan menggunakan media visualisasi Micah telah berhasil diterapkan di kelas V UPT SDN Karangketug II karena telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan. Penerapannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT SDN Karangketug II yang dapat ditunjukkan dari adanya peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 35%

References

Hudojo, H. 1988. Mengajar belajar Matematika. Jakarta: PPG Depdikbud.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press

M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, cet. 5, 2010), h.59-60

M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002), h.82

Muhammad Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000), h.5.

Musiyah. 2006. Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Media Benda Kongkret dan Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Bandulan V Kecamatan Sukun Kota Malang. Malang: Universitas Negeri Malang

Ruseffendi, E. T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Taristo.

Suharta, I Gusti Putu. 2003. Matematika Realistik: Apa dan Bagaimana?

(http:/www.depdiknas.go.id/jurnal/38/matematika%20Realistik.htm), diakses 20 September 2018

Sumadi Surya Subrata, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada: 1995), h.249.

Wahyudi. 2003. Tingkatan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pembelajaran IPA(http://www.depdiknas.go.id/jurnal/36/tingkatan pemahaman siswa.htm), diakses 20 September 2018

Zulkardi. 2007. Apa kata Dunia. (http://www.fi.uu.nl/indexpulicaties.html), diakses 20 September 2018.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Fauzi, A., & Kasiyun, S. (2020). Penggunaan Media Visualisasi Micah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1), 647–654. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/691