Model Pembelajaran Berbasis Proyek: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nur Affiyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Maghfirotun Amin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

PJBL, kemampuan bercerita, peserta didik kelas 2, SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya

Abstract

Kemampuan bercerita merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan bahasa dan keterampilan komunikasi pada peserta didik di usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik kelas 2 di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Metode PJBL digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan menarik bagi peserta didik sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan bercerita mereka dengan lebih baik. Penelitian ini dilakukan selama tiga minggu dengan melibatkan 28 peserta didik kelas 2-B. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan tes bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode PJBL secara signifikan meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik. Peserta didik menunjukkan peningkatan dalam pemahaman naratif, kosakata, dan kemampuan berbicara. Selain itu, penerapan metode ini juga mendorong keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dan mengembangkan keterampilan sosial mereka. Penelitian ini memberikan bukti bahwa Metode PJBL efektif dalam meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik kelas 2-B di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Ginting, E. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi. Journal of Education Action Research, 4(2), 240–250.

Gultom, C. R., & Silitonga, I. D. B. (2022). KEMAMPUAN MENULIS MENDONGENG OLEH MAHASISWA PGSD SEMESTER VI KELAS 6 UNIKA SANTO THOMAS SUMATERA UTARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 75–85.

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.

Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal Edukasi, 2(1), 11–14.

Septyarini, N. L. P. N., & Budiarta, L. G. R. (2019). Model pembelajaran berbasis proyek: Pengaruhnya terhadap kemampuan berbicara dan proses belajar. MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Siti Nur Affiyah, & Maghfirotun Amin, S. . (2023). Model Pembelajaran Berbasis Proyek: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 107–112. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1129

Most read articles by the same author(s)