PELATIHAN PEMBUATAN PACKAGING UNTUK MENINGKATKANKEUNGGULAN KOMPETITIF PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.1015Keywords:
Packaging, Keuanggulan Kompetitif, Usaha Sekolah, Al-Islah SurabayaAbstract
Fungsi kemasan sebagai identitas yang mutlak diperhatikan. Kemasan yang menarik dapat menjadikan nilai tambah bagi produk karena memiliki kemasan yang berbeda dari produk lainnya. Hal ini dikarenakan pengunjung dan konsumen memiliki penilaian dalam hal kemasan makanannya yang dilihat dari kebersihan kemasan, dan keunikan kemasannya sehingga menuntut untuk lebih berkreativitas dalam membuat kemasan produk makanan. Poin masalah dari pelaku usaha kecil adalah masalah packaging dan promosi yang kurang. Hal ini dikarenakan masih banyak pelaku usaha kecil yang belum memahami dan bisa melakukan packaging yang dapat menarik minat konsumen agar membeli produknya. Kurangnya pengetahuan tentang packaging membuat banyak produk usaha kecil yang tidak memiliki packaging yang layak sehingga produk tersebut kurang laku dipasaran. Padahal melalui packaging dapat memberikan informasi kepada pelanggan mulai dari merk, logo, informasi produk seperti masa kadaluarsa dan gizi yang terkandung. Oleh karena itu pengabdian masyakarat kali ini yaitu membantu para guru untuk menciptakan desain packaging yang menarik bagi produk sekolah ataupun produk untuk usahanya sendiri. Mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah para guru - guru yang mengajar di Al-Islah Surabaya. Setalah dilakukan kegiatan pelatihan tersebut, guru-guru mampu mengaplikasikan kepada produk yang telah dimiliki.
Downloads
References
Kotler, Philip dan Kelvin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa: Bob Sabran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Maflahah, Iffan. 2012. Desain Kemasan Makanan Tradisional Madura Dalam Rangka Pengembangan IKM. AGROINTEK. Volume 6, No.2 Agustus
Raghubir, P. and Greenleaf, E.A. (2006), “Ratios in Proportion: what should the shape of the package be?”, Journal of Marketing, Vol. 70, April, pp. 95-107.
Jinkarn, Tunyarut and Prisana Suwannaporn. (2015). Trade-Off Analysis of Packaging Attributes For Foods And Drinks. British Food Journal. Vol. 117 No. 1. pp. 139-156.
Hidayat, Moch.Junaidi. (2009). Analisi Industri dan Budaya pada Desain Produk Kemasan Makanan Industri Kecil Menengah (IKM). Jurnal Penelitian Seni dan Budaya. Vol. 1. No.2.
Russell, S. N., & Millar, H. . (2014). Exploring the Relationship Among Sustainable Manufacturing Practises, Business Performance and Competitive Advantage: PerspectiveFrom a Developing Economy. Journal of Management and Sustainability, 4(3), 37–54.
Wijayanto, A., Suhadak, Dzulkirom, M., and Nuzula, N. F. 2019. The Effect of Competitive Advantage on Financial Performance and Firm Value: Evidence From Indonesian Manufacturing Companies. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences. Vol. 85, No. 1. https:// doi.org/10.18551/rjoas.2019-01.04.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.