Pengembangan Umkm Berbasis Digital Di Karangrejo Kediri
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1239Keywords:
Digitalisasi Bisnis, UMKM, Produktifitas, PemasaranAbstract
Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berbasis digital telah menjadi sebuah strategi penting untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia. Di era digital saat ini, adopsi teknologi digital bukanlah sekadar pilihan, melainkan kebutuhan esensial bagi kelangsungan dan daya saing UMKM di pasar yang semakin ketat. Penerapan teknologi digital pada UMKM memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi operasional, produktivitas, serta memperluas jangkauan pasar. Namun, tantangan yang dihadapi UMKM di Desa Karangrejo, Kediri, masih cukup signifikan dalam mengadopsi teknologi digital untuk pengembangan bisnis mereka. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim FEBTD bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan dalam digitalisasi bisnis kepada UMKM di wilayah ini. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan manajerial di kalangan pemilik UMKM, yang mengakibatkan kesulitan dalam pengelolaan bisnis dan pengambilan keputusan yang efektif. Selain itu, kebanyakan UMKM tidak memiliki rencana bisnis yang jelas dan terstruktur, sehingga membuat mereka kesulitan dalam mengelola bisnis mereka secara sistematis. Selain itu, masih ada banyak UMKM yang belum memanfaatkan teknologi pemasaran, seperti media sosial dan website, untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Hal ini membatasi potensi mereka untuk mencapai konsumen potensial yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas bisnis. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut melalui pelatihan, pembuatan rencana bisnis, dan pengenalan teknologi pemasaran kepada UMKM di Karangrejo, Kediri. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan UMKM dapat memaksimalkan potensi teknologi digital untuk meningkatkan performa bisnis mereka dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal serta nasional.
Downloads
References
Amah, Nik. 2013. Bank Syariah dan UMKM Dalam Menggerakkan Roda Perekonomian Indonesia:
Andries, Frederick Reginald. 2007. Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada PT. Waringin Puspanusa Lestari Jakarta). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Morisan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
David, Fred. R. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Fadhila, Amelia, Agung Budi Cahyono. 2017. Pembuatan WebGIS Untuk Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kabupaten Blitar. Vol.6, No.2
Kannan, P.K., & Hongshuang, L. (2016). Digital marketing: A Framework, Review and Research
Khan, F., & Siddiqui, K. (2013). The Importance of Digital marketing: An Exploratory Study to Find
Purwana, Dedi., Rahmi, dan Aditya, Shandy. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1, No. 1. DOI: doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Tasnim, T., Sudarso, A., Anggusti, M., Munthe, R. N., Tanjung, R Dewi, I. K. (2021). Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
The Perception and Effectiveness of Digital marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan. Journal of Information Systems and Operations Management, 1-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.