Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pengembangan Bisnis dan Swot Bagi UMKM di Desa Karangrejo Kediri

Authors

  • Rachma Rizqina Mardhotillah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Mohamad Yusak Anshori Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Rizki amalia Elfita Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1245

Keywords:

SWOT, Manajemen Strategi, Pengembangan Bisnis

Abstract

Dalam era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, kewirausahaan menjadi semakin penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi UMKM di Karangrejo adalah keterbatasan akses keuangan dan pengembangan bisnis. Banyak UMKM yang kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank karena kurangnya jaminan atau riwayat kredit yang kurang baik. Selain masalah keuangan, UMKM juga menghadapi tantangan dalam hal pemasaran dan branding. Banyak UMKM masih kurang mampu memasarkan produknya secara efektif dan membangun merek yang kuat. Padahal, pemasaran yang baik sangat penting untuk meningkatkan penjualan dan daya saing UMKM di pasar yang semakin kompetitif. maka dari itu tim pengabdian masyarakat FEBTD UNUSA membantu memberikan pelatihan dan pengerahan tentang bagaimana cara untuk mengembangkan UMKM. Salah satu cara yang dapat membantu UMKM untuk berkembang yaitu melakukan pemberdayaan masyarakat untuk membuat strategi penignkatan bisnis. Pemberdayaan masyarakat dapat menjadi kunci untuk meningkatkan bisnis UMKM. Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan bisnis UMKM melalui pemberdayaan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, D., Yuliawati, T., Rohandi, M. M. A., & Taja, N. (2018). Pembenahan Sentra Industri Peuyeum di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung dalam rangka Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 15(1), 10-19.

Andries, Frederick Reginald. 2007. Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada PT. Waringin Puspanusa Lestari Jakarta). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Morisan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Bharata, W. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Usaha terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 98-114.

David Sinaga, E., Artikel, R., & Kunci, K. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MELALUI ANALISIS STRENGTH WEAKNESS OPPORTUNITY THREAT (SWOT) DAN IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KONSUMEN PADA USAHA PRODUKSI SEPATU

INFORMASI ARTIKEL A B S T R A K. https://ejurnalunsam.id/index.php/jurutera David, Fred. R. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia

Dwi Mulyani, D. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Gula Aren Berdasarkan Metode Analisis SWOT (Studi Kasus Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 7(2). www.jim.unsyiah.ac.id/JFP

Fadhila, Amelia, Agung Budi Cahyono. 2017. Pembuatan WebGIS Untuk Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kabupaten Blitar. Vol.6, No.2

Nazarudin, M. H. (2020). MANAJEMEN STRATEGIK. Noer Fikri Ofset.

Pratiwi, B. L. (2020). Pengelolaan Daya Tarik Wisata Pulau Kumala Oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(1), 46-54.

putu krisna adwitya sanjaya. (2021). BUKU UMKM (KRISNA & NURATAMA, 2021) (M. K. Muh. Yunus, S.Sos. (Ed.)). CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Rangkuti, Freddy. (2018). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.

Tasnim, T., Sudarso, A., Anggusti, M., Munthe, R. N., Tanjung, R Dewi, I. K. (2021). Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Yanuar, N. D., & Harti, H. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Penjualan Pada Home Industri Olahan Ikan Di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 51-60.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Mardhotillah, R. R., Anshori, M. Y., & Elfita, R. amalia. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pengembangan Bisnis dan Swot Bagi UMKM di Desa Karangrejo Kediri. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 171–178. https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1245

Most read articles by the same author(s)