Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Benda Konkret Siswa SD

Authors

  • Nur Halimah Tusyahdiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • M. Syukron Djazilan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Tri Retnawati SDN Keboharan
  • Mega SDN Keboharan

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, benda konkret

Abstract

Dengan menggunakan benda-benda fisik dan metodologi Problem Based Learning, penulis artikel ini melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas empat tentang matematika yang disajikan di bagian artikel. Penelitian ini menggunakan strategi test-and-analyze berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif untuk pengumpulan data. Nilai rata-rata klasik 60 ditemukan dalam pra-siklus. Nilai rata-rata yang dicapai setelah diinstruksikan menggunakan paradigma pembelajaran Problem Based Learning siklus 1 adalah 65,6. Persentase siswa yang tujuan belajarnya berhasil diselesaikan naik menjadi rata-rata 82 pada Siklus 2. Berdasarkan temuan tersebut, masuk akal untuk mengasumsikan bahwa pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL), ketika dilengkapi dengan objek nyata, dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang dicapai siswa.

References

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928-1934.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, (Online), Vol. 7, No.1, (https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/29002, diakses 13 Mei 2023).

Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2), 153-159.

Triyanto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Tusyahdiah, N. H., Djazilan, M. S., Retnawati, T., & Mega. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Benda Konkret Siswa SD. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 519–523. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1196

Most read articles by the same author(s)