Peningkatan Hasil Belajar Materi Transformasi Energi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Peserta Didik Kelas IV SDN Keboharan

Authors

  • Mohammad Gigih Kusbahtiar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • M. Sukron Djazilan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Tri Retnawati SD Negeri Keboharan
  • Anita Mega Arisandy SD Negeri Keboharan

Keywords:

Hasil belajar, Tarnsformasi Energi, Problem BaseLearning (PBL)

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan berfokus pada tujuan yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi transformasi energi untuk kelas IV di SD Negeri Keboharan dengan berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan dengan berpedoman pada penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam konteks ini, penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan untuk mengeksplorasi dan menggali lebih dalam lagi mengenai penggunaan PBL dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Keboharan pada materi transformasi energi. Peningkatan nilai dan juga hasil belajar dari siklus I dengan siklus II menjadi pembuktian bahwa pembelajaran berbasis pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi transformasi energi untuk kelas IV di SD Negeri Keboharan memiliki dampak yang siknifikan. Pada siklus awal rata-rata nilai secara menyeluruh hasil belajar peserta didik adalah 55% yang mencapai ketuntasan kriteria sehingga penelitian dilakukan ke siklus selanjutnya. Pada siklus II dengan materi yang sama namun dengan permasalahan yang berbeda nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik secara menyeluruh mengalami kemajuan dan peningkatan sebanyak 36% jadi total yang mencapai kriteria kelulusan sebanyak 86% . Dapat diambil kesimpulan setelah melihat ketercapaian kriteria kelulusan sebanyak 86% pada siklus II melalui pembelajaran PBL dapat dikatakan berhasil, oleh karena itu penelitian tindakan kelas (PTK) selesai pada siklus II.

References

Hardono, Fajar. P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal: Didaktika Dwija Indria, 5 (4), 1-2.

Jayanti, Okta, Chika. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV Mi Ma'arif tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jakarta : IAIN Salatiga.

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic EducationJournal), 5(1), 13-18.

Muakhidah, Inta Nur. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V MI Al Islam Sutopati 3 Kec. Kajor Kab. Magelang Tahun 2017/2018. Skripsi. FTIK IAIN Salatiga.

Rahmadani, Normala. N. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelasa 4 SD. Scholaria:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7 (3), 249–250.

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Kusbahtiar, M. G., Djazilan, M. S., Retnawati, T., & Arisandy, A. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Transformasi Energi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Peserta Didik Kelas IV SDN Keboharan. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 508–512. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1143

Most read articles by the same author(s)