Penggunaan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Rerin Dwi Anggraeni Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • M. Sukron Djazilan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Tri Retnawati SDN Keboharan
  • Anita Mega Arisanndy SDN Keboharan

Keywords:

Project based learning (PjBL), Hasil belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan metodologi Kemmis dan MCTaggrat. Model ini memiliki tiga tahap: persiapan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Dua siklus dijalankan melalui tahap ini. Metode kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif digunakan dalam metodologi analisis data untuk memeriksa hasil belajar siswa dan proses pembelajaran. Sebanyak 24 siswa sekolah dasar yang terdaftar di kelas IV berpartisipasi dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan penelitian, 16,7% dari hasil belajar pra-siklus telah tuntas, diikuti oleh 45,8% untuk siklus pertama dan 91,7% untuk siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan paradigma pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD dalam matematika.

References

Azizah, Aninda Nurul, & Naniek Sulistya Wardani. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Vol. 2 No. 1.

Cahyadi, Edi., dkk. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Project Based Learning pada siswa sekolah dasar. JARTIKA. Vol. 2 No. 1.

Faizah, Evi., dkk. (2023). Upaya meningkatkan hasil dan minat belajar matematika dengan pendekatan project based learning”. Jurnal Konten Pendidikan Matematika. Vol 1 No 1.

Husnidar, dan Rahmi Hayati. (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based LearningI untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol 2 No. 2.

Juwanti, Arum Ema. (2020). Project Based Lerning (PjBL) untuk PAI selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3. No. 2.

Khauro, Khulalil., Agung Setiyawan & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN Telang 1. Prosiding Nasional Pendidikan IKIP Bojonegoro. Vol 1. No 1.

Permatasari, Kritsina Gita. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy”. Vol. 14 No.2.

Rivai, Samsiar Rivai & Fitriyanti Dunggio Mohammad. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share pada terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikn Nonformal. Vol 7. No. 2.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Taupik, Riska Putri dan Yanti Fitria. (2021). Pengaruh Model Pemblejaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 5 No. 5.

Wahyuddin., dkk. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Pemblejaran Project Based Learning terhadap Pencapaian. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol 7 No 2.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Anggraeni, R. D., Djazilan, M. S., Retnawati, T., & Arisanndy, A. M. (2023). Penggunaan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar . PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 497–502. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1130

Most read articles by the same author(s)