Group Investigation Dengan Misi Rahasia Matematika: Pengaruhnya Pada Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Model Group Investigation, Misi Rahasia, Hasil Belajar KognitifAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pemberian dua kali perlakuan yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh pada saat pretest,14 dari 29 siswa dinyatakan berhasil dengan persentase sebesar 48%. Pada saat siklus I, hasil belajar siswa yang dinyatakan berhasil sebanyak 19 dari 29 siswa dengan persentase sebesar 66%. Pada saat siklus II, hasil belajar siswa yang dinyatakan berhasil sebanyak 26 dari 29 siswa dengan persentase sebesar 90%. Berdasarkan data hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.
References
Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), (Online) Jilid 1, No. 2, (https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1017), diakses 14 Mei 2023.
Dr. Amir Hamzah, M. (2019). Metode Peneitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Kepanjen, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Pransiska, S., Asyhar, R., & Asrial, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kela VII SMP Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Pada Materi Asam, Basa dan Garam. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, (Online), Jilid 5, No. 2, (https://online-journal.unja.ac.id/edusains/article/view/3390), diakses 14 Mei 2023.
Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, (Online) , Jilid 6 No. 2, (https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.23535), diakses 14 Mei 2023.
Putri, D. (2018). Improving News Writing Skill by Using Cooperative Type Group Investigation Strategy. Curricula: Journal of Teaching and Learning, (Online), Jilid 3, No. 2, (http://dx.doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i2.2878), diakses 14 Mei 2023.
Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya: Jakarta, Bumi Aksara.
Takaeb, M. J., & Mone, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Soe. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, (Online) Jilid 1, No. 2, (https://doi.org/10.24246/juses.v1i2p33-38), diakses 14 Mei 2023.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, (Online), Jilid 2, No. 3, (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/4366), diakses 14 Mei 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Siti Aisyah, M. Syukron Djazilan, Rachmad Andriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.