Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Benda Konkret Siswa SD
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, benda konkretAbstract
Dengan menggunakan benda-benda fisik dan metodologi Problem Based Learning, penulis artikel ini melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas empat tentang matematika yang disajikan di bagian artikel. Penelitian ini menggunakan strategi test-and-analyze berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif untuk pengumpulan data. Nilai rata-rata klasik 60 ditemukan dalam pra-siklus. Nilai rata-rata yang dicapai setelah diinstruksikan menggunakan paradigma pembelajaran Problem Based Learning siklus 1 adalah 65,6. Persentase siswa yang tujuan belajarnya berhasil diselesaikan naik menjadi rata-rata 82 pada Siklus 2. Berdasarkan temuan tersebut, masuk akal untuk mengasumsikan bahwa pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL), ketika dilengkapi dengan objek nyata, dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang dicapai siswa.
References
Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928-1934.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.
Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, (Online), Vol. 7, No.1, (https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/29002, diakses 13 Mei 2023).
Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2), 153-159.
Triyanto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Nur Halimah Tusyahdiah, M. Syukron Djazilan, Tri Retnawati, Mega
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.