Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Papan Luas (Palu) Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Novia Pramita Sari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • M. Syukron Djazilan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rachmat Andrianto

Keywords:

media papan luas, matematika, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan media papan luas (palu) siswa kelas III sekolah dasar. Permasalahan untuk  latar belakang penelitian ini adalah banyaknya nilai tidak tuntas KKM siswa pada hasil belajar di kelas III-A SDN Keboansikep 1. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Masing-masing siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa soal tes tulis dan lembar observasi.  Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa terus meningkat dari pra siklus hingga siklus 2. Pada kegiatan pra siklus, rata-rata hasil belajar siswa adalah 31,1, pada siklus 1 dengan rata-rata 59,3 dan pada siklus 2 dengan rata-rata 79,2. Hasil belajar siswa terus meningkat dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Dari kategori kurang baik menjadi sangat baik. Oleh karena itu, pemanfaatan media papan luas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar.

References

Aini, S. and Asran, M. (2015) ‘Peingguinaan Meidia Konkrit Dalam Peimbeilajaran Mateimatika Uintuik Meiningkatkan Hasil Beilajar Siswa’, Juirnal Peindidikan dan Peimbeilajaran Khatuilistiwa (JPPK), 4(6).

Kuinandar. 2008. Langkah muidah peineilitian tindakan keilas seibagai peingeimbangan profeisi guirui. Jakarta: Raja grafindo peirsada

Kuirniawan, D.A. (2020) ‘Peingguinaan meidia beilajar monopoli uintuik meiningkatkan motivasi dan hasil beilajar siswa’, Juirnal Reivieiw Peindidikan dan Peingajaran (JRPP), 3(1), pp. 10–15.

Lastrijanah, L., Praseityo, T. and Mawardini, A. (2017) ‘Peingaruih Meidia Peimbeilajaran Geioboard Teirhadap Hasil Beilajar Siswa’, DIDAKTIKA TAUiHIDI: Juirnal Peindidikan Guirui Seikolah Dasar, 4(2), pp. 87–100.

Prananda, G., Friska, S.Y. and Suisilawati, W.O. (2021) ‘Peingaruih Meidia Konkreit Teirhadap Hasil Beilajar Mateiri Opeirasi Hituing Campuiran Bilangan Builat Siswa Keilas IV Seikolah Dasar’, JEiMS: Juirnal Eiduikasi Mateimatika Dan Sains, 9(1), pp. 1–10.

Seityawan, D. (2020) ‘Meiningkatan hasil beilajar siswa meingguinakan Reialistic Matheimatics Eiduication (RMEi) beirbantuian meidia konkrit’, Juirnal Bidang Peindidikan Dasar, 4(2), pp. 155–163.

Sitompuil, Seitiawan, & Puirba. (2017). Peingaruih Meidia Peimbeilajaran Dan Motivasi Beilajar Teirhadap Hasil Beilajar Deisain Sisteim Instruiksional Peindeikatan Tpack. Juirnal Teiknologi Informasi Dan Komuinikasi Dalam Peindidikan, 4(2), 141–146. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8761

Suiprapti. 2009. “Uipaya Meiningkatkan Keimampuian Beirbicra Meilaluii Peingguinaan Meitodei Rolei Playing: Peineilitian Tindakan Keilas pada Siswa Keilas VIII B MTs Neigeiri Keibuimein Tahuin Ajaran 2009/2010”: Skripsi, Suirakarta: Uiniveirsitas Neigeiri Suirakarta

Wahyuiningtyas, R. and Suilasmono, B.S. (2020) ‘Peintingnya meidia dalam peimbeilajaran guina meiningkatkan hasil beilajar di Seikolah Dasar’, Eiduikatif: Juirnal Ilmui Peindidikan, 2(1), pp. 23–27.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Sari, N. P., Djazilan, M. S., & Andrianto, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Papan Luas (Palu) Siswa Kelas III Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 347–352. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1117