Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Bangun Datar menggunakan Media Geoboard pada Kelas IV SD

Authors

  • Putri Hidayatin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Abdulloh Tamam UPT SD Negeri 147 Gresik
  • Munjiah UPT SD Negeri 147 Gresik

Keywords:

Hasil belajar, Media geoboard, Matematika, Luas bangun datar

Abstract

Pembelajaran Matematika yang lazimnya bersifat abstrak membutuhkan sarana pendukung
pembelajaran berwujud media yang mampu menjelaskan dalam mengkomunikasikan subjek yang
dilaksanakan oleh guru guna peserta didik lebih tangkas menangkap konsepsi. Penelitian yang
dilangsungkan bermaksud menaikkan hasil belajar peserta didik memakai media geoboard pada materi
luas bangun datar Matematika. Penelitian yang dilangsungkan tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Kolaboratif. Penelitian dilangsungkan di UPT SD Negeri 147 Gresik dengan 27 peserta didik kelas IV
(Empat) B sebagai subjek penelitian. Penelitian dilangsungkan pada tahun ajaran 2022/2023 semester
genap. Penelitian yang dilangsungkan memakai instrumen lembar soal tes dan dokumentasi. Teknik
analisis deskripsi kualitatif dipakai dalam penelitian yang dilangsungkan. Penelitian dilangsungkan dalam
dua siklus, diawali dari tahap pra siklus, siklus I, hingga siklus II. Penelitian yang dilangsungkan
menemukan peningkatan hasil belajar pada topik luas bangun datar Matematika dimana persentase
ketuntasan klasikal pada pra siklus sebanyak 22,2%, pada siklus I sebanyak 37%, dan pada siklus II
sebanyak 70,4%. Peningkatan juga terlihat dari nilai rerata kelas pada pra siklus sebanyak 46,7, pada siklus
I sebanyak 58,7, dan pada siklus II sebanyak 78,2. Penelitian yang dilangsungkan mengikhtisarkan
pemakaian media geoboard sanggup menaikkan hasil belajar topik luas bangun datar Matematika.

References

Daryanto. (2013). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fikri, Z. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Media Papan Berpaku Pada Anak Tunarungu Kelas V Di Sekolah Luar Biasa Karnnamanohara Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, (Online), Jilid 8, No. 11, (http://www. journal.student.uny.ac.id, diakses 31 Agustus 2023)

Hamzah, A., & Muslisrarini. (2013). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Heruman. (2007). Pembelajaran Matematika Di Sekolah dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Keraf, Y. (2017). Penggunaan Media Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Online), Jilid 8, No. 6, (http://www. journal.student.uny.ac.id, diakses 31 Agustus 2023).

Runtukahu, & Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sadiman, A. S., & dkk. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Putri Hidayatin, Nafiah, Abdulloh Tamam, & Munjiah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Bangun Datar menggunakan Media Geoboard pada Kelas IV SD. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 230–235. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1179

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>