Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Model Kooperatif Tgt (Team Game Tournament) di Kelas IV Upt SDN 147 Gresik
Keywords:
Keaktifan Siswa, Kooperatif, TGT (Team Game Tournament), Pendidikan Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini ditulis berdasarkan hasil observasi peneliti dengan menindaklajuti elas kurang
aktif, sedikit siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini disusun secara alami dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT atau Team Game Tournament pada siswa kelas IV-B UPT SDN 147 Gresik. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri atas
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek peneltian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV-B UPT SD Negeri 147 Gresik tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 orang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes,dan dokumentasi. teknik analisis data secara kuantitatif untuk menganalisis keaktifan siswa dengan hasil tes serta hasil observasi kegiatan pembelajaran setelah memakai model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT). Hasil penelitian pada siklus I menyatakan bahwa hasil rata-rata keaktifan siswa sebesar 59,48% sedangkan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 76,37% Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif TGT (Team Game Tournament) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas IV-B di UPT SD Negeri 147 Gresik.
References
(2022). Kemendibudristek nomor 22 56/M tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulam dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Aisyah, N., Susongko, P., & Fatkhurrohman, M. A. (2019). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1–11. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.200
Ajeng Fitria, Suryadi, E. N. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA GROUP CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. 09, 1004–1018.
Daniatun, R., Nasihin, M., Fatimah, F., & Syarif, S. (2022). Media Ludopoli pada Materi Aritmatika Sosial dalam Melejitkan Keaktifan Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1005
Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459
Fitriani, N. L. (2020). Peningkatan Keaktifan Siswa Tema Wirausaha Melalui Pendekatan TPACK (Technology Pedagogy Content Knowledge) Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Keputon 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.28
Guscipto. (2018). Penerapan Strategi Active Learning Teknik Kuis Tim Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Basic Education, 7(20), 1-981-1.992. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11657
Pardede, U. T. (2019). Penigkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatve Tipe Tgt Di Sman 1 Batang Toru. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 67–74. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/635
Parhusip, G. D., & Kristanto, Y. D. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ). 11(2), 293–306.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991
Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Jpsd, 1(1), 6.
Sulistyo, I. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 14–19.
Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Ida Fitrianingrum, Nafiah, Abdulloh Tamam , Munjiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.