Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Video Power Point Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 1 Sdn Duren 01 Madiun

Authors

  • Desi Puguh Widyaningsih
  • Nafiah universitas Nahdlatul Ulama surabaya

Keywords:

Media Video Power Point, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media video power point pada pembelajaran tematik siswa kelas I SDN Duren 01 Madiun. Pembelajaran di SDN Duren 01 masih belum menggunakan media, guru hanya menggunakan buku siswa saat mengajar pembelajaran tematik sehingga siswa telihat kurang antusias dan kurang aktif dalam proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah . Untuk mengatasi hal itu, maka pada pembelajaran tematik ini menggunakan media video power point agar pembelajaran tematik lebih menyenangkan dan bermakna sehingga hasil belajar siswa dapat meiningkat.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Duren 01 Madiun pada siswa kelas I dengan keseluruhan subyek berjumlah 13 siswa yaitu laki-laki berjumlah 9 anak, perempuan berjumlah 4 anak. Penelitian ini adalah Penelitian Tindaka Kelas (PTK) dengan deskriptif kualitatif. Pengumpulan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah meenggunakan tes.. Hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik mengalami peningkatan setelah menggunakan media video power point dalam proses belajar mengajar. Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dapat terlihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 76 pada siklus I dan meningkat menjadi 86 pada siklus II. Prosentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 54% meningkat menjadi 92% pada siklus II dan meningkat menjadi 100% pada siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media video power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik secara individual maupun klasikal.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Elpira, Nira, and Anik Ghufron. "Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD." Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 2.1 (2015): 94-104.

Majid, Abdul.2004. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung:Remaja Rosdakarya

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Padmono, Y. 2010. Kekurangan dan kelebihan, Manfaat Penerapan PTK. Online: edukasi.kompasiana.com.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu, Strategi Dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta:Bumi Aksara

Sanaky, Hujair AH.2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta:Safiria Insania

Sugiono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: CV Alfabeta

Susiliana, Rudi. 2007. Media Pembelajaran. Bandung:CV Wacana Prima

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Puguh Widyaningsih, D., & Nafiah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Video Power Point Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 1 Sdn Duren 01 Madiun. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1), 533–541. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/680