Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Membangun Jati Diri dalam Kebhinekaan melalui PowerPoint Interaktif Kelas IV UPT SDN 147 Gresik
Keywords:
hasil belajar, media pembelajaran, powerpoint interaktifAbstract
Hasil belajar yang rendah menjadi permasalahan serius bagi peserta didik. Mata pelajaran
Pendidikan Pancasila tema Membangun Jati Diri dalam Kebhinekaan yang berkarakteristik susah
dipahami, karena terdapat banyak keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia yang sulit dipahami,
hal tersebut memberi sebab peserta didik meraih hasil belajar rendah. Melalui metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) tiap siklusnya terdapat empat tahap yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 147 Gresik. Data yang diperoleh
dari tes tertulis yang dilaksanakan oleh peserta didik ditiap siklus. Hasil belajar yang diperoleh sebelum
dilakukan penelitian tindakan kelas pada kegiatan pra siklus sangat rendah sebanyak 54% dari 19 dibawah
KKM dan 46% dari 10 diatas KKM. Didapatkan data pada siklus I hasil belajar meningkat baik, persentase
tuntas 65% dari 16 peserta didik dan 35% dari 13 peserta didik tidak tuntas. Siklus II persentase tuntas
93% dari 26 peserta didik dan 7% tidak tuntas dari 3 peserta didik. Dapat disimpulkan apabila penggunaan
media PowerPoint interaktif terbukti nyata dalam meningkatnya hasil belajar peserta didik.
References
Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesiam Journal of History Education, 3(1), 40–45.
Ali, M. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf
Anggorowati, Y. D. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Materi Narrative Text Reading Siswa MPLB SMK Negeri 3 Linggabuana. Jurnal Hukum, Pendidikan & Sosial Keagamaan, 2(1), 69–82.
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859
Ayudhityasari, R., Widayanti, M., & Rahman, K. M. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan PowerPoint Interaktif Di Sekolah Dasar. 4(1), 105–116.
Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277
Diartono, D. A. (2008). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIII(2), 155–167. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/download/81/76
Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembealajaran Anak Usia Dini. Jakad Media Publishing.
Indah Rahmawati, N., & Sutiarso, S. (2019). Pembelajaran Kooperatif Sebagai Model Efektif Untuk Mengembangkan Interaksi dan Komunikasi Antara Guru dan Peserta Didik. Eksponen, 9(2), 10–19. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.55
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). Analısıs Faktor Penyebab Kesulıtan Belajar PPKn Dı SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurrita, T. (2018). Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadits, Syari’ah dan Tarbiyah, 03, 171–187.
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Prasetyo, F. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint 2016 Pada Subtema 1 Manusia Dan Lingkungan Di Kelas V Sekolah Dasar. FKIP Jambi, Skripsi, 1–20.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49–54. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/42
Rahmasari, R. (2016). Application of Problem Based Learning Model to Increase Science Learning Result of 4th Grade Student. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 3456–3465.
Siswanto, R. D., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe auditorial, intelectually, repetition (AIR). Journal On Education, 1(1), 66–73.
Suhono. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. UNISRI Press.
Wahyuni, S., Areva, D., & Dahen, L. (2015). Proses Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Se-Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Jurnal Ipteks Terapan, 8(3), 105–111. https://doi.org/10.22216/jit.2014.v8i3.6
Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381
Zulfiani, Z., Herlanti, Y., & Sofyan, A. (2016). Kajian Penerapan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif Antara Perguruan Tinggi Dan Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 273–283. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8054
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Sofia Amalia, Abdulloh Tamam, Munji'ah, Nafiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.