Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di Kelas IV Sekolah Dasar
Keywords:
Kreativitas, Pembelajaran Project Based Learning, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajarn Project Based Learning (PjBL) di kelas IV sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan peserta diidk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus, dimulai dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi menggunakan lembar observasi yang telah disusun sebelumnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif untuk membandingkan tingkat kreativitas belajar pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL secara signifikan meningkatkan kreativitas belajar peserta didik yang dapat dilihat melalui peningkatan persentase yang berjumlah 36, 85% pada pra siklus meningkat menjadi 52, 63% pada siklus 2 dan meningkat menjadi 84, 21% pada siklus 2. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan. Secara umum hasil penelitian dilakukan dengan hati-hati karena fokus penelitian hanya pada kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian ini dapat diinterpretasikan secara akurat, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan model pembelajaran PjBL pada tingkat dan jenjang yang berbeda.
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Peineilitian Tindakan Keilas. Jakarta: Bumi Aksara
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, & Nafia’ah. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3
Idamatus Saaddiyah, L., Anjarwati, A., Jember, U., Pendidikan Biologi Jl Kalimantan Tegalboto No, P., Timur, K., Sumbersari, K., Jember, K., Timur, J., Jl Raya Dringu, M., Mayangan, K., & Probolinggo, K. (2022). Model Project Based Learning (PjBL) dengan Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Digital Native. Journal of Physics and Science Learning, 06. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/article/view/6319/4733
Rajagukguk, S., Sdn, U., & Medan, K. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1). https://jurnalp4i.com/index.php/elementary/article/view/1945/1815
Sari, R. ,T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, 30(1), 79–83. https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/6548
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068
Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Ssidorejo Lor 01 Salatiga. JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54. https://jurnal.usk.ac.id/pear/article/view/10703
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Ismiatun Munadifa, Nafiah, Endang Retno Setyaningsih, Muhammad Rois Ubaidillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.