Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ismiatun Munadifa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Endang Retno Setyaningsih UPT SDN 166 Gresik
  • Muhammad Rois Ubaidillah UPT SDN 166 Gresik

Keywords:

Kreativitas, Pembelajaran Project Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajarn Project Based Learning (PjBL) di kelas IV sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan peserta diidk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus, dimulai dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi menggunakan lembar observasi yang telah disusun sebelumnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif untuk membandingkan tingkat kreativitas belajar pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL secara signifikan meningkatkan kreativitas belajar peserta didik yang dapat dilihat melalui peningkatan persentase yang berjumlah 36, 85%  pada pra siklus meningkat menjadi 52, 63% pada siklus 2  dan meningkat menjadi 84, 21%  pada siklus 2. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan. Secara umum hasil penelitian dilakukan dengan hati-hati karena fokus penelitian hanya pada kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian ini dapat diinterpretasikan secara akurat, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan model pembelajaran PjBL pada tingkat dan jenjang yang berbeda.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Peineilitian Tindakan Keilas. Jakarta: Bumi Aksara

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, & Nafia’ah. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3

Idamatus Saaddiyah, L., Anjarwati, A., Jember, U., Pendidikan Biologi Jl Kalimantan Tegalboto No, P., Timur, K., Sumbersari, K., Jember, K., Timur, J., Jl Raya Dringu, M., Mayangan, K., & Probolinggo, K. (2022). Model Project Based Learning (PjBL) dengan Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Digital Native. Journal of Physics and Science Learning, 06. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/article/view/6319/4733

Rajagukguk, S., Sdn, U., & Medan, K. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1). https://jurnalp4i.com/index.php/elementary/article/view/1945/1815

Sari, R. ,T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, 30(1), 79–83. https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/6548

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068

Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Ssidorejo Lor 01 Salatiga. JURNAL PESONA DASAR, 6(1), 41–54. https://jurnal.usk.ac.id/pear/article/view/10703

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Ismiatun Munadifa, Nafiah, Setyaningsih, E. R. ., & Ubaidillah, M. R. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di Kelas IV Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 56–61. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1121

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>