Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan dan Berakhlak Mulia di SD

Authors

  • Aditya Eka Darmadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia

Abstract

Pendidikan merupakan fondasi yang sangat penting dalam membentuk generasi muda yang berintegritas dan berakhlak mulia. Salah satu aspek penting dalam pendidikan yaitu pendidikan karakter dengan mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia di tingkat Sekolah Dasar (SD). Tujuan dari artikel ini yaitu untuk memberikan gambaran atau situasi tentang pengimplementasian dari profil pelajar Pancasila dimensi tersebut di SD. Dimensi beriman merupakan pengakuan dari lisan tentang kebenaran yang bersifat khusus serta meyakininya dalam hati lalu diimplementasikan oleh tubuh. Dimensi Bertakwa kepada Allah SWT adalah sikap dengan mental memelihara diri dari murka dengan cara melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Dimensi Berakhlak mulia yaitu implementasi dari perbuatan baik dan juga cara untuk melakukannya tanpa perlu pertimbangan pemikiran. Diharapkan dampak positif dari penerapan profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia di SD akan membentuk generasi penerus bangsa yang memiliki karakter yang kuat, beretika, dan berperan aktif dalam membangun masyarakat yang harmonis dan sejahtera.

References

Abdillah, & Hidayat, R. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Adetya, S., & Gina, F. (2022). Buku Ajar Pemeriksaan Psikologi Observasi. Jakarta: Program Studi Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Anggraena, Y., & Sufyadi, S. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembanga dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Gesmi, I., & Hendri, Y. (2018). Pendidikan Pancasila. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Hardani. (2020). Metode Penelitian: Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Sugiarti, I., Nugroho, S., Ruhban, A., & Nasir, M. (2020). Modul Pendidikan Pancasila di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Darmadi, A. E. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan dan Berakhlak Mulia di SD. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 328–331. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1191