Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mengukur Lama Waktu melalui Media Palawa pada Siswa Kelas III SDN Airlangga I/198 Surabaya

Authors

  • Niken Diyah Wardani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sri Hartatik Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sunardi SDN Airlangga I/198 Surabaya
  • Ismini SDN Airlangga I/198 Surabaya

Keywords:

Palawa, Hasil Belajar, Lama Waktu

Abstract

Tujuan peneliti dan guru kelas III C melakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas tiga sekolah dasar materi mengukuran lama waktu di SDN Airlangga I/198 Surabaya. Media yang digunakan untuk mencapai keberhasilan penelitian adalah media Palawa. Media Palawa adalah media konkret yang digunakan peneliti dan peserta didik untuk memahami materi lama waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang menggunakan empat tahapan yakni; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan prosentase ketuntasan belajar peserta didik pada tahap pra siklus 36,36 %, siklus I 57,57%, dan siklus II 81,81%.

References

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembejaran. Bandung: Alfabeta.

Junaeda, Intan. (2021). Penggunaan Media Papan dan Kartu Satuan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga di Kabupaten Maros. Pinisi Journal Of Education, (Online), Vol 1, No. 1, (https://ojs.unm.ac.id, diakses 30 April 2023.

Prastiwi, Eko. (2015). Peningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Pengkuran Waktu Melalui Media Jam Ganda Pada Siswa Cerebral Palsy Kelas IV di SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, (Online), Vol 4, No. 4, (https://journal.student.uny.ac.id, diakses 29 April 2023.

Pristiwanto, Yanuar. (2019). Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Pengkuran Waktu Melalui Media Jam Pintar Pada Siswa Kelas III-A di SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Jurnal Basicedu, (Online), Vol 3, No. 1, Hal 136-140 (https://jbasic.org, diakses 29 April 2023.

Sanjaya, Wina. (2014). Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Kependidikan dan Tenaga Kependidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Wardani, N. D., Hartatik, S., Sunardi, & Ismini. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mengukur Lama Waktu melalui Media Palawa pada Siswa Kelas III SDN Airlangga I/198 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 409–412. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1101