Peningkatan Hasil Belajar menggunakan Model Project Based Learning pada Materi Iklan di Kelas 5 SDN Siwalankerto 1 Surabaya

Authors

  • Yulia Maulida Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Sri Hartatik Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran berbasis proyek, model pembelajaran

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN
Siwalankerto 1 Surabaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus.
Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Siwalankerto 1 Kota Surabaya, yang berjumlah 21
siswa, dan terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini yaitu dengan menggunakan pretest dan postest untuk mengukur hasil belajar siswa.
Berdasarkan penelitian dapat diketahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
mengalami peningkatan mulai dari pra siklus dengan ketuntasan belajar sebanyak 14%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 62% dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Data kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 33%. Dari penghitungan data dapat diketahui penggunaan model Project Based
Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD.

References

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusuma, W. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indek.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Padmono. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: FKIP UNS.

Pristiwanti, D. B. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) , 7911-7915.

Suharsimi, A. S. (2007). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Maulida, Y., & Hartatik, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar menggunakan Model Project Based Learning pada Materi Iklan di Kelas 5 SDN Siwalankerto 1 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 339–344. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1215